counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Ini Dia Kolam Renang Pertama di Indonesia

Pemandian Tjihampelas tercatat sebagai kolam renang pertama yang ada di Indonesia - (collectie_tropenmuseum)
New Banner Semen

CELEBESonline.com – Pemandian Tjihampelas merupakan kolam renang pertama yang ada di Indonesia. Kolam renang ini tercatat dibangun pada tahun 1904. Pada awalnya kolam renang ini diperuntukkan bagi orang Belanda, Eropa, serta bangsawan dari kalangan pribumi saja. Selain menjadi tempat berenang, kolam renang itu juga kerap dimanfaatkan untuk tempat peragaan busana.

Di masa pendudukan Jepang tahun 1940-an, kolam renang itu dibuka untuk umum termasuk warga pribumi. Sejarah renang di Indonesia pun mengalami perkembangan pada zaman pendudukan Jepang. Jepang kemudian membuka semua kolam renang yang ada di tanah air untuk masyarakat umum dan memberi kesempatan ke masyarakat untuk belajar berenang.

Keberadaan Pemandian Tjihampelas pun ikut berpengaruh terhadap terbentuknya Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI). Dalam catatan sejarah, Organisasi renang di Indonesia terbentuk tanggal 24 Maret 1951 dengan nama Perserikatan Berenang Seluruh Indonesia (PBSI). Saat itu PBSI diterima menjadi anggota Internationale Olympic Comittee (IOC) dan FINA.

Di Indonesia olahraga renang mulai diperlombakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Surakarta tahun 1948. Gaya renang yang diperlombakan yaitu dengan gaya renang modern, seperti gaya dada, gaya punggung, dan gaya bebas. Tahun 1957, PBSI berubah nama menjadi PRSI. Pada PON ke IV di Makassar, renang gaya kupu-kupu mulai diperlombakan.

Pada tahun 2010 lalu, Pemandian Tjihampelas yang bersejarah tersebut akhirnya tinggal sejarah. Pemandian ini  dibumiratakan oleh pemiliknya yang dipegang oleh sebuah grup usaha yang terdiri dari unit usaha retail fashion, hotel, dan rusunami.

Related posts

CELEBESONLINE