banner pasang iklan
banner pasang iklan

Ini Sejarah Kota Hantu Terbesar di Tiongkok

Suasana di salah satu sudut Kota Kangbashi - (int)

CELEBESonline.com – Kota Kangbashi yang terletak di kawasan Ordos, adalah sebuah kota yang mendapat julukan sebagai kota hantu terbesar di Tiongkok. Kangbashi bahkan masuk dalam daftar kota hantu terbesar di dunia.

Julukan sebagai Kota Hantu yang melekat pada kota yang berada di tengah-tengah padang pasir Mongolia ini karena tak adanya orang yang mau tinggal di kota tersebut. Alasannya bukan karena di kota itu terdapat hantu, tapi karena tingginya pajak yang harus dibayar serta mahalnya biaya hidup di kota tersebut.

Kangbashi sebenarnya adalah kota modern yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti stadion olahraga dan perpustakaan. Kota Kangbashi awalnya dibangun tahun 2003 oleh para investor. Kota ini dibangun untuk tempat tinggal baru yang modern bagi masyarakat Tiongkok. Namun hingga 2010, tetap tidak ada orang yang mau tinggal di kota ini. Padahal Kota Kangbashi dapat dihuni oleh jutaan orang.

Setelah pemerintah Tiongkok menawarkan kompensasi dan apartemen gratis bagi petani yang mau tinggal di kota ini serta pemerintah memindahkan kantor pemerintahan dari kabupaten yang berjarak 32 km, barulah ada warga yang mau hijrah ke kota tersebut.

Sekarang ada kurang lebih 100 ribu orang yang tinggal di Kangbashi. Sayangnya, meski telah berpenduduk, Kangbashi ternyata tidak masuk dalam peta Tiongkok. Pemerintah pusat menganggap kota ini masih kurang layak untuk dimasukan ke dalam peta.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBESONLINE