banner pasang iklan
banner pasang iklan

Advent Bangun, Atlet Karate yang Sukses di Film Laga

-

CELEBESonline.com, Jakarta – Advent Bangun merupakan salah satu aktor ternama di era tahun 1980an. Perannya di sejumlah film laga tidak diragukan lagi.

Pemilik nama lengkap Yohanes Thomas Advent Bangun itu lahir di Kabanjahe, Sumatera Utara, 12 Oktober 1952 lalu.

Dilansir dari Wikipedia, dia adalah juara karate Indonesia pada tahun 1971 dan beberapa kali mewakili Indonesia di level internasional.

Ia kemudian mengejar karir ke layar lebar. Advent memulai karir aktingnya pada tahun 1976 di mana film laga sedang naik daun.

Advent yang notabene memiliki latar belakang bela diri pun laris manis.

Dia tampil di banyak film laga dan mendapatkan ketenaran bersama dengan pemain legendaris lainnya seperti seperti Barry Prima, George Rudy, dan Ratno Timoer.

Puluhan film laga telah dibintangi Advent. Sebut saja “Rajawali Sakti (1976)”, “Ken Arok- Ken Dedes (1983)” sebagai Tunggul Ametung, “Si Buta dari Gua Hantu (1985)”, “Petualangan Cinta Nyi Blorong (1986)”, “Bangkitnya Si Mata Malaikat (1988)”, dan banyak lagi.

Salah satu peran Advent Bangun di film laga

Saat laga mulai meredup, Advent pun sempat bermain sinetron. Ia tampil di dua sinetron takut “Singgasana “Brama Kumbara (1996)” dan terakhir bermain di “Sapu Jagad” tahun 2000.

Setelah berhenti bermain film sekitar tahun 2000, Advent menjadi pendeta dengan nama Thomas Bangun dan terkenal sebagai aktivis Kristen.

Advent dikabarkan mengalami gagal ginjal dan sejak April 2017 rutin cuci darah tiap minggu. Pertengahan Januari 2018, ia menjalani perawatan intensif di RS Fatmawati, Jakarta Selatan.

Sabtu (10/2/218) pukul 02.35 Wita, aktor laga legendaris ini meninggal dunia di usia 65 tahun. RIP Advent Bangun!

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBESONLINE