banner pasang iklan
banner pasang iklan

SMA Islam Athira Bone dan SMKN 1 Makassar Juara Kompetisi Akuntasi di Unibos

-

CELEBESonline.com, Makassar – Himpunan Mahasiswa Akuntansi (Himaksi) Universitas Bosowa (Unibos) kembali menggelar Kompetisi Akuntansi Siswa (KAS) 2018 tingkat SMA dan SMK.

Kegiatan ini berlangsung selama 6-9 Februari 2018. Penguman pemenang lomba serta penyerahan hadiah dilakukan di Auditorium Aksa Mahmud Lantai 9 Kampus II Unibos, Jumat (9/2/2019).

Dengan mengangkat tema “Meningkatkan Kapabilitas Generasi Muda di Bidang Akuntansi Guna Mewujudkan Akuntan Profesional”, lomba ini diikuti 50 peserta dari 10 sekolah. Mereka adalah perwakilan dari SMK 2 Luwu Utara, SMK Darusalam Makassar, SMK Wahyu Makassar, SMKN 1 Pinrang, SMA Islam Athira Bone, SMKN 4 Makassar, MAN 2 Makassar, SMKN 7 Makassar, SMKN 1 Makassar, SMAN 1 Masamba, dan SMAN 9 Maros.

Pada kompetisi yang kelima kalinya dilaksanakan Himaksi Unibos ini menetapkan SMA Islam Athira Bone sebagai Juara Umum tingkat SMA dan SMKN 1 Makassar sebagai Juara Umum tingkat SMK.

Kegiatan yang dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing siswa dalam bidang akuntansi dan minat siswa dalam bidang ilmu tersebut ditutup oleh Dekan Fakuktas Ekonomi Unibos sekaligus melakukan penyerahan hadiah kepada masing-masing pemenang lomba.

Dekan FE Unibos, Dr A Arifuddin Mane, menuturkan kegiatan ini memang diperuntukan untuk melatih kemampuas siswa memahami dunia akuntansi yang lebih dalam melalui tahapan-tahapan dan materi-materi dalam perlombaan yang harus dipahami.

“Dalam lomba ini sekiranya siswa dapat mengukur kemampuannya untuk bersaing secara sportif. Juga melihat kemampuan dirinya yang memiliki minat dalam bidang akuntansi,” katanya.

“Ke depan jika kelak telah menduduki bangku kuliah, para peserta KAS ini diharapkan tetap mampu memperlihatkan prestasinya. Semoga nanti juga para peserta dan pemenang lomba dapat menjadi penerus akuntan profesional sesuai dengan tema yang diusung kali ini,” ungkap Dr A Arifuddin Mane.

Selain juara umum, melihat hasil perhitungan kalkulasi nilai dari setiap lomba yang diikuti juga menetapkan pemenang tingkat SMK oleh SMK 4 Makassar sebagai pemenang Proposal Usaha, Pengaplikasian Program MYOB diperoleh SMK 7 Makassar sekaligus pemenang Formulir Pajak, pemenang Essay dan Multiple Choice diperoleh SMK 1 Pinrang, Siklus Akuntansi dimenangkan SMK 1 Makassar, fan Cerdas Cermat dimenangkan SMKN 4 Makassar.

Selain tingkat SMA juga ditentukan pemenang kompetisi akuntansi tingkat SMA yang diperoleh SMA Islam Athira Bone sebagai pemenang Proposal Usaha yang juga memenangkan lomba Multiple Choice, Essay, Cerdas Cermat dan Siklus Akuntansi.

Pemenang dalam ajang yang rutin diadakan setiap tahun ini diberi penghargaan dan beberapa hadiah yang ditentukan panitia. Termasuk pemenang utama diberi kesempatan bebas tes masuk ke Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Unibos.

Nurfadillah, mewakili SMKN 1 Pinrang menuturkan, “Kegiatan ini semoga dapat terus berlanjut sebab sangat bermanfaat bagi kami yang punya bidang di akuntansi untuk mengukur kemampuan kami dalam bidang ini dan kemampuan bersaing kami dalam kompetisi.”

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBESONLINE