banner pasang iklan
banner pasang iklan

Kapal Bendera Singapura Bawa Sabu 1 Ton Senilai Rp 1,5 Triliun Disita di Batam

TNI AL amankan Kapal MV Sunrise Glory asal Singapura - (Liputan 6)

CELEBESonline.com, Batam – KRI Sigurot 864 mengamankan kapal berbendera Singapura, MV Sunrise Glory, yang dinahkodai Mayor Laut Arizzona di perairan Selat Phillip, perbatasan antara Singapura dan Batam, Rabu (7/2/2018) lalu, sekitar pukul 15.30 Wita.

Kapal tersebut mengangkut narkotika golongan I jenis Sabu sebanyak 1 ton. Barang haram senilai Rp 1,5 juta itu disembunyikan dalam 41 karung beras di palka penyimpanan bahan makanan dan minuman.

Dilansir dari Kompas.com, adanya muatan Sabu tersebut terungkap setelah kapal digeser dari Dermaga Batu Ampar ke Dermaga Lanal Batam dan dilakukannya pemeriksaan oleh Tim WFQR Lantamal IV/Lanal Batam, BNN Pusat, Bea Cukai Pusat, serta Bea Cukai Batam. Saat diperiksa, tim menemukan barang bukti tersebut, Jumat (9/2/2018) sore kemarin.

“Temuan sabu sebanyak 1 ton dari kapal MV Sunrise Glory berbendera Singapura,” kata Danlanal Batam, Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan.

Awalnya, KRI Sigurot 864 mengamankan kapal Sunrise Glory karena diduga menggunakan dokumen palsu dan kerap ganti bendera sesuai negara yang dilewati. Saat itu, KRI Sigurot-864 sedang patroli di perairan Selat Singapura. Petugas kemudian mendeteksi adanya kapal nelayan berbendera Singapura melintas di luar jalur pelayaran dan memasuki wilayah perairan Indonesia.

Selama proses pemeriksaan awal, ditemukan MV Sunrise Glory merupakan kapal ikan yang mengibarkan bendera Singapura dengan empat orang ABK berkewarganegaraan Taiwan. Kapal Sunrise Glory seharusnya berbendera Indonesia, karena seluruh dokumen kapal berasal dari Indonesia.

Sesuai informasi dari nahkoda, kapal tersebut berlayar dari Malaysia menuju Taiwan. Namun setelah dicocokkan dengan dokumen Port Clearance, kapal tersebut berlayar dari Malaysia menuju Thailand.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBESONLINE