Mahasiswa UMI Ciptakan Mobil Prototipe Ramah Lingkungan | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Mahasiswa UMI Ciptakan Mobil Prototipe Ramah Lingkungan

CELEBESONLINE (Makassar): Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar yang tergabung dalam kelompok Petroline berhasil merancang sebuah mobil dengan konsep ramah lingkungan. Mobil ini berukuran mini menggunakan bahan acrilyc dan reaktor berbahan stainless steel dengan memanfaatkan hidrogen peroksida sebagai bahan utama penggerak mobil.

Hasil karya mahasiswa ini akan bertarung dalam ajang bergengsi lomba Teknologi Kimia bertaraf internasional yang akan berlangsung di Institut teknologi surabaya (ITS).

BACA JUGA :  Unhas Beri Beasiswa Bagi Mahasiswa Palestina

Mobil ini ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan bakar fosil sehinga tidak menimbulkan polusi. Bahan utama penggerak mobil adalah memanfaatkan daya dorong gas yang dihasilkan dari reaksi bahan kimia hidrogen peroksida.

Sementara itu, dosen pemdamping sekaligus supervisor tim Petroline, Syamsuddin Yami,  mengatakan bahwa proses penemuan prototipe mobil bertenaga reaksi kimia ini bersumber dari riset mahasiswanya yang memang dipersiapkan untuk mengikuti ajang bergengsi tingkat internasional bertajuk Chemi Car. Ini pertama kalinya karya UMI lolos untuk mengikuti lomba tersebut.

BACA JUGA :  Pebalap Indonesia Finis Urutan 25 Moto3 di Sirkuit Le Mans Perancis

“Mobil prototipe ini merupakan inovasi baru berbasis ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan bakar fosil, jadi tidak menimbulkan polusi,” katanya.(*)

About The Author

Related posts

CELEBES ONLINE