Kewirausahaan Jadi Pola Ilmiah Pokok FT Unibos | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Kewirausahaan Jadi Pola Ilmiah Pokok FT Unibos

CELEBESONLINE (Makassar): Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bosowa, menggelar Kuliah Umum yag menghadirkan akademisi Dr Darwis Pangriseng MSc dan kosultan Abidin Ali sebagai pembicara.

Kuliah umum yang akan dimoderatori Thamrin itu mengangkat tema “Sinergitas Prodi Teknik Sipil dan Alumni dalam Mengeksiskan Teknopreneur yang Mandiri dan Handal Menghadapi Tantangan Masa Depan”.

Menyoal kewirausahaan, Syahrul Sariman MT mewakili panitia mengungkapkan bahwa pada awal tahun 2000-an Universitas Bosowa yang saat itu masih bernama Universitas 45 menjadi satu-satunya Universitas yang mencetuskan Kewirausahaan sebagai pola ilmiah pokok.

“Saya sangat berharap, optimalisasi kewirausahaan sebagai pola ilmiah pokok (PIP) bisa ditegakkan,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Zakir Sabara Orang Kedua dari Makassar yang Raih AFEO Honorary Member

Lebih lanjut, ia mengungkapkan jika hal ini dioptimalkan maka aturan agar mahasiswa yang tidak memiliki sertifikat kegiatan kewirausahaan tidak bisa mengikuti ujian seminar bisa diberlakukan.

Senada dengan hal tersebut, Narasumber Darwis Pangriseng mengungkapkan bahwa Pola ilmiah pokok seharusnya memberikan ciri khas bagi program studi. “Sehingga ia muncul sebagai identitas,” ungkapnya.

Hal ini disebabkan, karena pola ilmiah pokok berbicara tentang bagaimana mengaitkan seluruh kurikulum dengan definisi kewirausahaan itu sendiri.

Muhammad Awaluddin Hamdy selaku Wakil Dekan Fakultas Teknik mengungkapkan bahwa Kewirausahaan menjadi bekal yang penting untuk mahasiswa hari ini. “Technopreneurship menjadi bekal untuk menjawab tantangan kedepan yang kompetitif,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Zakir Sabara Akan Mendapatkan Penghargaan AFEO Honorary Member 2018

Ditegaskannya, bahwa seluruh kegiatan kewirausahaan juga merupakan penjabaran dari visi misi universitas yang dicoba didefinisikan oleh masing-masing program studi, termasuk Prodi Teknik Sipil.

“Pola Ilmiah Pokok Kewirausahaan ini, juga menjadi rencana strategis pencapaian prodi teknik sipil,” ungkanya.

Kuliah umum yang diikuti oleh 70 orang mahasiswa, mulai angkatan 2014-2016 ini juga dirangkaikan dengan kegiatan buka puasa bersama dengan civitas akademika dan alumni Fakultas Teknik Unibos.(*)

About The Author

Related posts

CELEBES ONLINE