Dosen Unibos Paparkan Potensi Ruang Alternatif Perkotaan di Semarang | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Dosen Unibos Paparkan Potensi Ruang Alternatif Perkotaan di Semarang

CELEBESONLINE, Makassar – Ketua Program Studi Hubungan Internasional (HI) Universitas Bosowa (Unibos), Zulkhair Burhan, memberikan pemaparan materi di SMAN 1 Semarang, Minggu (4/11/2016). Presentasi ini dilakukan dalam rangka acara tahunan aktivis dan pengingat isu perkotaan, Urban Social Forum (USF) 2016.

Zulkhair membawakan topik “Microgigs dan Produksi Narasi Alternatif Atas Kota. Dalam pemaparannya, Zulkhair menjelaskan hal terkait dengan potensi berbagai ruang alternatif di berbagai kota khususnya wilayah Makassar.

Hal tersebut juga dipaparkan dengan memberikan contoh satu studi kasus tentang panggung-panggung musik dan literasi. Menururtnya, panggung-panggung tersebut memiliki cara tersendiri untuk memproduksi narasi alternatif bagi kota.

“Ruang-ruang dan panggung dalam perkotaan itu punya cara masing-masing untuk membentuk narasi alternatif. Perkotaan pun tidak hanya bisa dilihat sebagai ruang representasi karya seni, karena lebih jauh di dalamnya terdapat kolaborasi antara masing-masing gagasan yang dapat dikembangkan,” ucapnya.

“Gagasan itu juga penting tidak hanya hasil dari perkembangan skema musik lokal tetapi juga penentu ‘kesehatankota’,” tambah Zulkhair.

Sebelumnya, kegiatan ini juga telah dilaksanakan pada tahun 2013 dan 2014 di Solo serta tahun 2015 di Kota Surabaya. Kegiatan yang keempat kali diselenggarakan ini dihadiri peserta dari berbagai pihak seperti organisasi pemerintahan dan non pemerintah, komunitas, mahasiswa, serta individu yang fokus terhadap isu perkotaan.

Dian Putri
Humas Unibos

About The Author

Related posts

CELEBES ONLINE