Mas'ud: Lewat PROSA, Sastra Bukan Hanya Sekedar Karya | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Mas’ud: Lewat PROSA, Sastra Bukan Hanya Sekedar Karya

CELEBESONLINE, Makassar – Dalam upaya meningkatkan minat dan pemahaman mahasiswa mengenai sastra, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Sastra Universitas Bosowa (Unibos) menggelar PROSA di ruang kuliah 404 Gedung Kampus II Unibos, Rabu (7/12/2016).

PROSA atau kegiatan yang berorientasi pada Practical, Recovery, and Orientation of Student Ability ini menghadirkan Dekan Fakultas Sastra Unibos, Dr Mas’ud Muhammadiyah sebagai pembicara. Mas’ud memberikan pemahaman terkait peluang dan tantangan dalam berorganisasi dan memahami sastra. Menurutnya, selain memahami peran dan fungsi sebagai mahasiswa, juga perlu memahami bagaimana menjadi seorang sastrawan dan memahami bagaimana hakekat karya sastra.

“Organisasi itu bisa menjadi wadah yang membantu untuk membentuk diri. Jadi tidak hanya mengandalkan apa yang didapatkan di bangku kuliah karena pengalaman diluar itu juga dapat memberi pelajaran yang bisa meningkatkan kualitas diri,” ucap Mas’ud.

“Terkait PROSA ini juga mahasiswa diminta untuk mampu mengerti bahwa sastra bukan hanya sekedar karya. Lebih dari itu, banyak makna yang bisa diungkapkan melaluinya. Menjadi ‘penikmat’ untuk memahami karya sastra bukan hal yang mudah,” ungkapnya.

Menurut Mas’ud, sebuah karya sastra harus dinikmati. Sebab dalam sebuah karya sastra akan selalu memiliki “benang merah” yang bisa diinterpretasikan sebagai sebuah pesan yang memiliki makna dan terkandung dalam karya itu sendiri.

“Hal ini akan berguna untuk meningkatkan antusias masyarakat khususnya mahasiswa Fakultas Sastra Unibos tentang eksistensi karya sastra sebagai cerminan nilai-nilai tertentu termasuk sosial dan budaya yang ada di Negara kita,” ucapnya.

Kegiatan yang keempat kalinya dilaksanakan dan sebagai kegiatan rutin BEM Fakultas Sastra Unibos ini menghadirkan 60 mahasiswa Fakultas Sastra dari beberapa angkatan. Ruben Ruru selaku Ketua BEM Fakultas Sastra Unibos mengungkapkan jika PROSA ini penting untuk dilaksanakan agar mahasiswa memahami karya sastra sebelum menjadi pemeran dalam sastra itu sendiri.(*)

About The Author

Related posts

CELEBES ONLINE