Bangun Terminal LPG dan Pabrik Semen, Bosowa Perkuat Bisnis di Banyuwangi | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Bangun Terminal LPG dan Pabrik Semen, Bosowa Perkuat Bisnis di Banyuwangi

CELEBESONLINE (Banyuwangi): Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meresmikan pabrik PT Semen Bosowa di Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Surabaya, Kamis (15/12/2016). Peresmian ini bersamaan peresmian terminal gas LPG yang masih dalam satu kawasan seluas 1,8 hektare.

Jusuf Kalla menandai peresmian itu dengan menekan sirine dan menandatangani zak semen. Turut mendampingi Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto, Menteri Komunikasi dan Informasi RI Rudiantara, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Annas, pendiri Bosowa M Aksa Mahmud dan Chairman Bosowa Grup Erwin Aksa.

Chairman Bosowa Group, Erwin Aksa, mengatakan Bosowa merupakan perusahaan swasta nasional yang berdiri sejak 1973. Bosowa memiliki enam grup usaha yakni otomotif, semen, pertambangan dan energi, jasa keuangan, properti, dan pendidikan.

“Kami telah ada di Jawa Timur sejak 1998 melalui usaha Bosowa Taksi. Sejak tahun 2003 kami mulai mendistribusikan produk Bosowa Semen. Jadi, dari enam grup usaha Bosowa, empat grup telah beroperasi di Jawa Timur, khususnya di Banyuwangi. Kami juga memiliki bisnis jasa keuangan Bank Bukopin dan Bosowa Asuransi,” kata Erwin Aksa.

Menurut Erwin, terminal LPG hadir untuk menjawab program konversi minyak tanah menjadi gas. Sebelum di Banyuwangi, Bosowa sudah membangun terminal LPG di Lantebung, Makassar, yang juga diresmikan Wapres RI Jusuf Kalla, 20 Desember 2013.

Terminal Banyuwangi khusus untuk memasok kebutuhan gas LPG di Jawa Timur dan Bali dengan nilai proyek sekitar Rp 787 miliar. Terminal dibangun berkapasitas tampung mencapai 10.000 metrik ton LPG dengan didukung fasilitas jetty berkapasitas 6.500 DWT. Empat tangki LPG yang masing-masing berkapasitas 2.500 metrik ton, enam unit filling dan fasilitas lainnya.(*)

About The Author

Related posts

CELEBES ONLINE