Prodi HI Unibos Bahas Isu Lingkungan | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Prodi HI Unibos Bahas Isu Lingkungan

CELEBESOLINE, Makassar – Program Studi Hubungan Internasional (HI) Unversitas Bosowa (Unibos) gelar Serial Kuliah Tamu di ruang kuliah 303 lantai 3 kampus I Unibos, Kamis (15/12/2016). Kegiatan yang menghadirkan Direktur Blue Forests, Yusran Nurdin Massa, ini dilaksanakan sebagai bentuk implementasi dari Mata Kuliah (MK) HI dan Isu Lingkungan yang dikoordinir oleh Dosen Asyari Mukrin.

Asyari Mukrin mengungkapkan jika kegiatan ini memang penting untuk dilakukan agar mahasiswa tidak hanya mengerti terkait isu tersebut secara teori tetapi juga memahaminya langsung dari tokoh yang terlibat dalam hal tersebut.

“Kita mengangkat isu ini untuk melihat bagaimana jika lingkungan dipandang dari berbagai sisi termasuk dari kacamata HI. Sekarang ini arah isu lingkungan masih cenderung dilihat dari kebijakan semata tetapi belum dalam dari aspek lokalnya,” ucap Ansyari.

“Sementara dilain sisi, apa yang terjadi dalam tingkatan nasional dan internasional juga tidak terlepas dari aspek lokal,” tambahnya.

Dosen yang menyelesaikan Studi Magister di Universitas Gadjah Mada (UGM) ini juga menambahkan jika kegiatan ini penting untuk mahasiswa agar mampu mengenali apa yang terjadi di lingkup lokal.

Hal ini juga menjadi pembahasan inti dalam pemaparan yang diberikan Yusran Nurdin Massa selaku Direktur Blue Forests. Yusran mengnagkat mengenai mangrove atau bakau yang menjadi aspek lokal yang perlu diperhatikan. Menurutnya, ada beberpa hal penting yang dapat menjadi sorotan untuk tetap mempertahankan aspek yang satu ini.

“Indonesia saat ini memiliki lahan mangrove berkisar 23 persen. Jika lahan ini juga ikut rusak, maka akan berpengaruh terhadap tingkat terjadinya bencana di Indonesia,” kata Yusran.

“Sementara mangrove sebagai salah satu tumbuhan yang tumbuhnya hanya bisa di daerah khusus ini punya peran penting dalam pencegahan bencana dan peminimalisiran kerusakan ekosistem,” tambah Yusran.(*)

About The Author

Related posts

CELEBES ONLINE