ILO-LPA Sulsel Pantau PRT Anak Di Makassar | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

ILO-LPA Sulsel Pantau PRT Anak Di Makassar

CELEBESONLINE, Makassar – Sumber pendapatan negara berupa devisa ternyata datang dari sumbangan dari para Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang menjadi pembantu rumah tangga atau PRT di luar negeri.

Ironisnya, kenyataan itu berbanding terbalik dengan apa yang diberikan negara kepada para PRT di luar negeri. Hal itu disampaikan Ketua ILO Sulsel, Muh Rasyidin.

Hal ini bisa dilihat dengan rendahnya perlindungan TKW/PRT yang berada diluarnegeri. Dengan masih banyaknya TKW yang mengalami tindak kekerasan baik secara fisik dan psikis serta pelecehan seksual lainnya.

“Negara kita mendapat banyak pasokan devisa dari para TKW tapi negara tidak memberikan perlindungan secara maksimal,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam kegiatan pelatihan pendataan PRTA yang dilakukan oleh ILO,Jarak, dan LPA Sulsel, Kamis (22/12/2016).

Rasyidin menjelaskan, sumbangan devisa dari PRT /TKW mencapai Rp 1,7 miliar dolar AS, penyumbang devisa kedua setelah migas. Namun memiriskan karena masih banyak TKW yang mengalami penyiksaan.

Lebih jauh, Rasyidin menjelaskan bahwa di Indonesia sendiri saat ini ada sekitar 2,6 juta PRT. Dari jumlah tersebut, sekitar 200 ribuan PRT Anak.

Padahal anak semestinya dunia mereka adalah bermain dan belajar bukannya bekerja.

Inilah yang menjadi perhatian dari ILO Jarak dan LPA Sulsel untuk melakukan pemantauan PRT Anak yang ada di Kota Makassar. Dimana pemantauan PRT Anak dilakukan dengan berbasis komunitas di dua keluruhan sebagai wilayah percontohan.

“Saat ini, sudah dilakukan pemantauan terhadap PRT anak di dua keluruhan, untuk mengetahui data valid PRT anak di kota makassar,” ujarnya.

Pelatihan Pemantauan PRT Anak berbasis komunitas ini diikuti oleh berbagai kalangan, baik dari PRT, NGO dan Pemerintahan.(*)

About The Author

Related posts

CELEBES ONLINE