Pelindo IV Bangun Sinergitas dengan Johor Port Berhad | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Pelindo IV Bangun Sinergitas dengan Johor Port Berhad

CELEBESONLINE, Makassar – PT Pelindo IV (Persero) bersama Johor Port Berhad melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Ketetapan untuk Program Pengembangan Kompetensi dan Konsultan Operasional Kontainer dan Konvensional serta Studi Proyek pada Pelayanan Logistik dalam Lingkungan Pelabuhan.

Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani langsung oleh Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero), Doso Agung, bersama Chief Executive Officer Johor Port Berhad (JPB), Shahrull Alam Shah Bin Abdul Halim, di Jakarta, Rabu (21/12/2016) lalu.

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo IV, Baharuddin M, mengatakan kedua belah pihak berkeinginan untuk membangun kolaborasi sinergitas untuk JPB agar membagi dan menyalurkan pengalaman dan keahliannya dalam Manajemen dan Operasional Pelabuhan melalui Johor Port Skilled Centre (JPSC), untuk program peningkatan kompetensi untuk semua pelabuhan-pelabuhan di bawah Pelindo IV.

“Para pihak juga menyetujui bahwa JPB akan menyediakan proposal komersial yang selanjutnya akan dibahas bersama dengan Pelindo IV,” kata Baharuddin dalam siaran persnya yang dikutif Celebesonline, Sabtu (24/12/16).

Menurut Baharuddin, tujuan dibuatnya Nota Kesepahaman ini karena para pihak berkeinginan untuk mencari kemungkinan dalam kolaborasi sinergitas untuk JPB untuk dibagi dan menyalurkan pengalaman dan keahlian dalam Manajemen dan Operasional Pelabuhan yang meliputi antara lain.

Untuk pemeliharaan dan pendukung, pelayanan pelatihan untuk program pengembangan kompetensi dan konsultasi pada operasional petikemas dan konvensional untuk seluruh pelabuhan di bawah Pelindo IV.

Adapun program pelatihan Manajemen dan Operasional yang diinginkan pihak Pelindo IV yaitu, Manajemen Petikemas dan Terminal Konvensional termasuk Terminal Curah, Operator Crane dan Training Peralatan Pelabuhan, Training Peralatan Mekanik, Training Pemeliharaan Peratalan, Konsultasi Sistem Information and Communication Technology (ICT) Pelabuhan, serta Keamanan Pelabuhan.

Baharuddin menambahkan, studi proyek pada pelayanan logistik dalam lingkungan pelabuhan nantinya akan terbagi pada, menguatkan inisiasi kolaborasi saat ini pada kargo dari pelabuhan kelolaan Pelindo IV singgah di Pelabuhan MMC sebelum menuju pelabuhan akhir.

Juga layanan feedering antara Pelabuhan MMC dan pangsa pasar Pelindo IV terfokus pada bagian pusat dan timur Indonesia.

Serta kolaborasi dibawah Program Kemitraan Pelabuhan (Sister Port Partnership Program) yang meliputi Joint Marketing (Pemasaran Bersama) dan Lintas Program Pelatihan antara JPB dan pelabuhan-pelabuhan dibawah Pelindo IV.(*)

About The Author

Related posts

CELEBES ONLINE