Sebanyak 200 Peserta Ramaikan Kompetisi Akuntasi Unibos | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Sebanyak 200 Peserta Ramaikan Kompetisi Akuntasi Unibos

CELEBESONLINE, Makassar – Himpunan Mahasiswa Akuntansi (Himaksi) Universitas Bosowa menggelar Kompetisi Akuntansi Siswa (KAS) 2017 di Balai Sidang 45 Makassar yang dimulai kemarin, Selasa (10/1/2017), dan berlangsung sampai 12 Januari nanti. Selain mencari pemenang, panitia juga memotivasi para peserta untuk menunjukkan kemampuan diri dalam bidang akuntansi.

Ajang uji kemampuan dalam bidang akuntansi ini diikuti 200 peserta dari berbagai ekolah menengah atas (SMA), SMK, dan dan Madrasah Aliyah (MA). Dua tim yang masing-masing terdiri 5 peserta dari setiap sekolah tersebut akan mengikuti kompetisi dengan beberapa lomba termasuk Proposal Usaha, Formulir Pajak, Siklus Akuntansi, Essay, Cerdas Cermat, dan Myob.

Peserta tidak saja dari seklah di Sulsel, tapi ada juga dari Sulawesi Tenggara. Sekolah yang mengutus para pesertanya untuk mengikuti ajang ini yaitu SMKN 1 Watampone, SMKN 1 Masamba, SMK Muhammadiyah 2 Bontoala, SMKN 1 Toli-Toli, SMK Yapmi Makassar, SMKN 7 Makassar, SMKN 4 Makassar, SMK 5 Pinrang, SMK 4 Pinrang, SMAN 1 Maros, SMAN 2 Bau-Bau (Sultra), SMAN 3 Palopo, MAN 2 Model, SMA Athira Bone, SMK 1 Bau-Bau (Sultra), dan Pondok Pesantren Jeneponto.

Rektor Unibos, Prof Saleh Pallu, yang turut membuka acara tersebut menyampaikan apresiasi dan motivasi kepada peserta yang telah memberanikan diri dalam kegiatan akademik untuk sama-sama mampu bersaing dan unjuk diri secara sportif.

“Perkembangan dunia sekarang ini sudah semakin pesat dan ini melahirkan tantangan-tantangan baru bagi kita untuk menjawab semua tantangan itu. Salah satu cara mengasah kemampuan untuk siap menghadapi masa depan yang lebih baik adalah dengan mengikuti kompetisi-kompetisi seperti ini,” kata Prof Saleh.

“Akan sangat berguna untuk mewujudkan dan membentuk SDM yang berkualitas, sebab kualitas SDM lah yang akan menjadi faktor penentu keberhasilan bangsa dan negara. Selain itu juga bisa dimunculkan dari mereka yang cakap, kreatif dan mandiri,” tambahnya.

Berlangsungnya kegiatan yang bertemakan “Mengembangkan Potensi Generasi Muda Guna Mewujudkan Nilai Profesionalisme Serta Berjiwa Entrepreneurship” ini juga disaksikan perwakilan Kanwil Pajak Sulsel, Sulbar dan Sulteng serta Dekan Fakultas Ekonomi Unibos, Arifuddin Manne. Nampak juga Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi Unibos Herminawati Abu Bakar, Ketua Prodi Akuntansi Unibos Thanwain, Ketua Prodi Manajemen Unibos Indrayani Nur, dan Ketua Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Rafiuddin.

Pemenang lomba ini akan diumumkan pada hari ke-tiga berlangsungnya acara tersebut yang ditentukan berdasarkan kriteria tertentu dari tim penilai. Salah satu sekolah yang menjadi pemenang KAS 2016 lalu juga, Nur Ichsan Arifin (perwakilan SMK 4 Makassar), mengungkapkan tujuannya selain kembali mendapatkan piala bergilir yang diberikan juga kompetisi ini melatih dirinya untuk memberikan partisipasi prestasi bagi sekolahnya.(*)

About The Author

Related posts

CELEBES ONLINE