Arti Nama Stadion Si Jalak Harupat Mirip Julukan PSM Makassar | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Arti Nama Stadion Si Jalak Harupat Mirip Julukan PSM Makassar

CELEBESONLINE, Makassar – PSM Makassar menghadapi Persiba Balikpapan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/2/2017) pukul 16.00 wita. Ini adalah laga akhir penyisihan Grup C Piala Presiden.

Seperti halnya Stadion Mattoanging Gelora Andi Mattalatta Makassar yang menjadi rumah bagi para Skuad Tim Ayam Jantan dan para pendukungnya, Stadion Si Jalak Harupat juga merupakan kandang bagi tim sepak bola Persib Bandung.

Stadion Si Jalak Harupat terletak di desa Kopo dan Cibodas, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Stadion ini dibangun mulai Januari 2003 pada saat Kabupaten Bandung dipimpin oleh bupati Obar Sobarna dan diresmikan pada hari jadi Kabupaten Bandung ke 364, 26 April 2005 lalu.

Si Jalak Harupat adalah julukan yang disematkan pada salah seorang pahlawan dari Bandung yaitu Otto Iskandardinata. Dan untuk mengenang jasa sang pahlawan, julukannya pun digunakan sebagai nama kebanggaan masyarakat Jawa Barat ini.

Jalak Harupat adalah sebutan untuk sejenis ayam jantan dalam Bahasa Sunda. Jalak Harupat dimitoskan sebagai ayam yang kuat, pemberani, nyaring saat berkokok, dan selalu menang saat diadu. Ini alasan yang membuatnya dijadikan julukan bagi seorang pemberani.

Arti Jalak Harupat hampir sama dengan julukan untuk tim PSM Makassar, Ayam Jantan dari Timur. Julukan ini juga diberikan kepada pahlawan nasional asal Sulsel, Sultan Hasanuddin.(*)

About The Author

Related posts

CELEBES ONLINE