Perkuat Ekonomi, Ketua KPPU Sarankan Contoh Pola Kemitraan Jepang | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Perkuat Ekonomi, Ketua KPPU Sarankan Contoh Pola Kemitraan Jepang

CELEBESONLINE, Makassar – Ketua KPPU, Syarkawi Rauf, menegaskan para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan penopang ekonomi bangsa. Untuk itu, pemerintah berkewajiban melindungi, dan menumbuhkan para pelaku usaha UMKM di dalam negeri.

“Negara pernah menghadapi krisis ekonomi pada tahun 1998 dan UMKM telah menunjukkan ketangguhannya menghadapi krisis ekonomi yang pernah terjadi itu,” ujarnya di acara Sosialisasi Pola Kemitraan UMKM, Senin (20/2/2017).

Syarkawi juga menyarankan untuk mencontoh polah kemitraan UMKM yang ada di Negara Jepang. Menurut Syarkawi, ekonomi Jepang bisa tumbuh dan bertahan karena para pelaku industri-industri di Jepang umumnya menerapkan pola kemitraan dengan para pelaku usaha UMKM.

“Kita tau Honda besar itu ditopang oleh para pelaku UMKMnya. Honda dalam memproduksi produknya tidak dikerjakan oleh anak perusahaannya, tapi mereka bekerja sama dengan para UMKM untuk memproduksi bagian bagian yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Maka dari itu kata Syarkawi pola kemitraan seperti yang dilakukan jepang merupakan bentuk ketahanan ekonomi yang kuat. “Oleh sebab itu kita mencoba mendorong satgas kemitraan supaya kita juga dapat melahirkan pola kemitraan yang kuat,” pungkasnya.(*)

About The Author

Related posts

CELEBES ONLINE