Disdik Sulsel Larang Peredaran Buku Bernuansa PKI di Sekolah | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Disdik Sulsel Larang Peredaran Buku Bernuansa PKI di Sekolah

CELEBESONLINE, Makassar – Sebuah terbitan buku berjudul “UUD 1945 dan Perubahannya Kabinet Kerja Resufle Jilid II” terbitan Visimedia menggegerkan publik, khususnya dunia pendidikan di Sulsel, tidak terkecuali di kota Makassar.

Pasalnya, pada penjelasan halaman dari isi buku tersebut menuliskan dalam Sila Pertama dimasuki tulisan, “Ideologi Sekuler Sosialisme”.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Irman Yasin Limpo, saat dikonfirmasi membenarkan temuan buku tersebut.

Menurutnya, buku tersebut harus ditarik edarannya karena tidak sesuai dengan idelogi Pancasila dan akan merusak moral para generasi mudah. Ia pun mengimbau kepada seluruh dinas pendidikan kabupaten/kota di Sulsel untuk tidak mengedarkan buku ini di sekolah-sekolah.

BACA JUGA :  Jalur Akademik di SMAN 5 Makassar Dibuka, Langsung Diserbu Pendaftar

“Iya, kita sudah menyurati dinas pendidikan kabupaten/kota untuk tidak diedarkan di sekolah sekolah-sekolah,” ujarnya kepada Celebesonline, Selasa (21/2/2017).

Selain itu, kata Irman, pihak Disdik Sulsel juga akan menyurati ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbut) RI untuk memblokir buku yang bernuansa PKI itu.

Diketahui, dalam isi buku berjudul “UUD 1945 dan Perubahannya, Kabinet Kerja Reshuffle Jilid II” ditemukan penjelasan tentang Pancasila.

BACA JUGA :  Kalah 0-3 dari Kroasia, Peluang Argentina Lolos Makin Berat

Pada Sila Pertama di buku tersebut dijelaskan:

Sila Ke-1, Ketuhanan Yang Maha Esa dilambangkan dengan sebuah bintang emas berkepala lima. Sila ini menggambarkan agama-agama besar di Indonesia, yaitu Islam, Kristen, Buddha, Hindu, dan ideologi sekuler sosialisme.

IMG-20170221-WA0016_1

Penjelasan yang memuat Ideologi Sekuler Sosialisme ini seperti diketahui sarat dengan muatan ideologi Komunis (PKI).(*)

About The Author

Related posts

CELEBES ONLINE