Kabar Gembira! Akhirnya Guru Honorer Bisa Digaji | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Kabar Gembira! Akhirnya Guru Honorer Bisa Digaji

CELEBESonline.com, Makassar – Kabar gembira bagi kalangan guru honorer di Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan. Para guru yang masih berstatus honor akan di gaji melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Hal ini terungkap ketika Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI menyetujui dana BOS dapat digunakan membayar guru honorer di SMA dan SMK Negeri seluruh Indonesia.

Keluarnya keputusan ini tentu saja diawali oleh desakan Disdik Sulsel yang didukung oleh Komisi E DPRD Provinsi Sulsel yang memperjuangkan nasib dan kesejahteraan para guru honorer.

Kabar gembira inipun diterima Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo (None), dalam bentuk petunjuk teknis (juknis) No 8 Tahun 2017 tentang Petunjuk teknis Dana BOS, Kamis (2/3/2017).

Hal ini berlaku mulai berlaku per tanggal 27 Februari 2017. Guru honorer bisa berlega hati karena sudah memiliki dasar hukum untuk menerima gaji rutin yang bersumber dari negara melalui dana BOS yang diterima sekolah-sekolah.

“Kami sangat gembira bahwa perjuangan dan inisiatif kita selama ini akhirnya berhasil dan disetujui oleh kementerian, dan lebih menggembirakan lagi karena ini untuk semua guru honorer seluruh Indonesia,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo yang akrab disapa None.

Seperti diketahui, sebanyak 15 persen anggaran dana BOS yang diterima sekolah bisa digunakan untuk guru honorer di SMA dan SMK Negeri. Namun bagi sekolah swasta masih perlu bersabar karena dalam juknis ini belum disebutkan apakah bisa untuk guru swasta.(*)

About The Author

Related posts

CELEBES ONLINE