Raja Ini Pendiri Kerajaan Arab Saudi | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Raja Ini Pendiri Kerajaan Arab Saudi

King Abdul Aziz, pendiri Kerajaan Arab Saudi - int

CELEBESonline.com – Namanya, Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Saud lahir pada 15 Januari 1876. Dia dilahirkan di Riyadh, anak pasangan Abdul Rahman bin Faisal dan Sara binti Ahmad al-Kabir Sudayri.

Saat usia10 tahun, Abdul Aziz mengikuti keluarganya dalam pengasingan di Kuwait setelah dikalahkan oleh dinasti Rashidi. Pada tahun 1901, Abdul Aziz yang saat itu berusia 22 tahun, menggantikan ayahnya sebagai ketua keluarga dinasti Saud dan mengangkat dirinya sebagai Sultan Nejd.

Dia mengumpulkan kekuatan dengan berkoalisi dengan berbagai klan dan pemuka agama, diantaranya Muhammad bin Abdul Wahhab. Pada tahun 1902, dia bersama-sama dengan pasukan keluarga dan sekutunya berhasil merebut Riyadh.

Dua tahun setelah berhasil merebut Riyadh, Abdul Aziz pun menguasai separuh dari Nejd. Tapi pada tahun 1904, dinasti Rashidi meminta bantuan dari Kesultanan Utsmaniyah dan berhasil mengalahkan dinasti Saud pada 15 Juni 1904.

Dinasti Saud tak tinggal diam. Mereka bersekutu dengan Inggris dan berhasil mengalahkan pasukan Utsmaniyah dan dinasti Rashidi.

Setelah menguasai sebagian besar Jazirah Arab dari musuh-musuhnya, Abdul Aziz menamakan tanah gabungan Hijaz dan Nejd sebagai Arab Saudi, 23 September 1932. Raja Abdul Aziz meninggal di Ta’if tanggal 9 November 1953 pada umur 77 tahun.

About The Author

Related posts

CELEBES ONLINE