Ada 800 Usulan Perencanaan Pembangunan di Maros | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Ada 800 Usulan Perencanaan Pembangunan di Maros

CELEBESonline.com, Maros – Pemerintah Kabupaten Maros menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, kemarin.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Maros, Noralim, mengatakan, musrenbang kabupaten ini menghasilkan 800 usulan perencanaan pembangunan. Usulan ini terbagi penganggarannya melalui APBN, APBD provinsi, dan APBD kabupaten.

Untuk APBN ada 57 usulan, sedangkan untuk APBD Provinsi masih dibahas, dan sisanya kabupaten. “Usulan ini terdiri dari berbagai bidang yakni infrastruktur, ekonomi, perdagangan, dan UKM,” kata Noralim.

Sementara itu, Bupati Maros, HM Hatta Rahman, mengatakan, sejak tahun 2016, perencanaan pembangunan telah mengalami perubahan sesuai arahan Presiden Jokowi. Menurut Hatta, program yang disusun lebih berorientasi pada manfaat untuk masyarakat dan pada prioritas pencapaian tujuan pembangunan nasional dan daerah.

“Kita berharap musrenbang ini berbagai program dan usulan untuk tahun 2018 dapat didiskusikan, dikritisi secara konstruktif dan komprehensif sehingga dapat menghasilkan dokumen perencanaan yang rasional dan realistis sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,” kata Hatta Rahman.

Sedangkan Asisten I Pemprov Sulsel, HA Herry Iskandar, yang mewakili Gubernur Sulsel memaparkan tahun 2018 merupakan akhir pelaksanaan RPJMD Provinsi Sulsel 2013-2018 dengan prioritas kebijakan yakni pemeliharaan ketertiban dan pengembangan demokrasi. “Pengembangan ekonomi kerakyatan, pengembangan pendidikan, kepemudaan, keolahragaan dan kebudayaan serta daya saing pasar,” ujar Herry Iskandar.

Musrenbang ini juga dihadiri oleh anggota DPRD Provinsi Sulsel Andi Irfan AB dan Wawan Mattaliu, Ketua DPRD Maros AS Chaidir Syam serta Bappeda Provinsi Sulsel.

About The Author

Related posts

CELEBES ONLINE