Dongkrak Ekonomi Kreatif, Perbankan Diharap Bermitra dengan Pelaku UKM | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Dongkrak Ekonomi Kreatif, Perbankan Diharap Bermitra dengan Pelaku UKM

CELEBESonline.com, Makassar – Masalah mendasar bagi pelaku usaha kecil menegah (UKM) yang paling menonjol menyangkut menyediakan pembiayaan alias modal usaha. Kebutuhan modal sangat terasa pada saat seseorang ingin memulai usaha baru.

Untuk itu, Dinas Perdagangan Kota Makassar mefasilitasi
200 pelaku UKM di Kota Makassar agar bisa mendapatkan dana usaha dari pihak perbankan yakni BRI dan Bank Sulselbar.

Demi membesarkan UKM yang ada di Makassar, kedua perbankan tersebut diharapkan bisa bermitra dengan para pemilik usaha agar dapat mendongkrak ekonomi kreatif di Kota Makassar.

“Kami menginginkan para pelaku UKM bisa kerja sama dan kita juga fasilitasi nantinya agar mendapatkan bantuan dana usaha,” jelas Kepala Bidang Usaha Perdagangan, Ikhsan HN, dalam acara temu kemitraan yang diselenggarakan di Hotel Jolin, Rabu (15/3/2017).

Menurut Ikhsan, para pelaku UKM di Kota Makassar umumnya masih bersifat indvidual sehingga terkendala pada akses biaya modal.

“Salah satu kelemahan UKM kita yakni tidak jalan beriringan alias mengedepankan individualis sehingga terkesan tidak adanya saling kerja sama sedangkan syarat untuk membesarkan usaha salah satunya adalah kerja sama,” tuturnya.

Sementara itu, Ical yang merupakan seorang pelaku UKM yang menggeluti kerajinan tangan dari bahan bekas, mengatakan bahwa selama ini salah satu kendalanya untuk membesarkan usahaya yaitu kurangnya akses modal. Untuk itu, ia berharap ke depan melalui kerja sama mitra ini usahanya bisa medapatkan akses modal dan akses pemasaran.

About The Author

Related posts

CELEBES ONLINE