Ini Alasan Komnas HAM Kecewa Pada PT Vale | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Ini Alasan Komnas HAM Kecewa Pada PT Vale

CELEBESonline.com, Lutim – Kehadiran Komisioner Komnas HAM, profesor Hafidz Abbas di Sorowako untuk menindak lanjuti laporan warga Suku Dongi .

komisioner Komnas HAM ini pun telah menggelar dialog antara warga Dongi dan PT Vale, Kamis (23/3/2017). Turut hadir, Bupati serta DPRD Luwu Timur

Dialog tersebut untuk mendengarkan sikap PT Vale dalam menyelesaikan masalahnya dengan warga Suku Dongi.

Sebelum menggelar dialog, prof Hafidz telah mendatangi perkampungan Suku Dongi yang berada di Desa Magani Kecamatan Nuha, tak jauh dari pabrik nikel PT Vale.

Selain itu, komisioner Komnas HAM itu pun juga sudah mengunjungi pemukiman warga Dongi yang direlokasi PT Vale ke Desa ledu-ledu di Kecamatan Wasuponda .

Sewaktu PT Vale masih bernama PT inco, warga Suku Dongi di Desa Magani mendapat penerangan listrik dari perusahaan nikel tersebut.

Desember tahun lalu, travo listrik PT Vale meledak dan seluruh aliran listrik di perkampungan Dongi di putuskan. Kini, hampir setahun warga hidup dalam kegelapan.

Bahkan warga Dongi semakin terdesak saat diinformasikan akan direlokasi dari tempat tinggal mereka. Sikap PT Vale yang dianggap mengabaikan kemanusiaan ini, membuat Komnas HAM kecewa.

Prof Hafidz meminta PT Vale mengedepankan sisi kemanusiaan.

Prof Hafidz mengingat, jika hal ini diabaikan, pihak Komnas HAM akan menganggap PT Vale telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia.

Komnas HAM jelas prof Hafidz, bisa merekomendasikan ke pemerintah Indonesia untuk menutup PT Vale karena telah mengabaikan semua kewajibannya. Bahkan Komnas HAM akan menyampaikan rekomendasinya ke PBB.

About The Author

Related posts

CELEBES ONLINE