Mendikbud Target Terapkan Full Day School Mei 2017 | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Mendikbud Target Terapkan Full Day School Mei 2017

CELEBESonline,com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Effendy, kembali menggulirkan rencana program Full Day School.

Muhajir Effendy malah menargetkan program ini mulai diterapkan pada tahun ajaran baru bulan Mei 2017 mendatang.

Seperti dirangkum dari sejumlah sumber, Program ini menurut mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini, akan segera diajukannya dalam waktu dekat ke rapat kabinet.

Pertengahan tahun lalu, program yang menuai pro kontra, utamanya dari kalangan orang tua siswa ini, digulirkan oleh Mendikbud.

Konsep Full Day School menurutnya, bukan berarti siswa belajar sepenuhnya di sekolah. Namun, siswa dapat mengikuti kegiatan menarik lain, seperti ekstrakurikuler. Full Day School, imbuhnya, diterapkan dengan proses pembelajaran formal setengah hari, kemudian di jam berikutnya dapat diisi dengan ekstrakurikuler.

Dengan Full Day School jelas Mendikbud, siswa juga akan libur pada Sabtu dan Minggu sehingga mereka dapat menghabiskan waktu bersama keluarga, jelas Mendikbud.

Beberapa sekolah di Makassar sebenarnya telah menerapkan program sehari penuh di sekolah ini. Namun, sebagian besar sekolah belum penerapan program yang akan diberlakukan untuk SD dan SMP ini.

Sejumlah kalangan, utamanya orang tua siswa menolak penerapannya karena masih banyak sekolah yang belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjung pelaksanaan program tersebut.

“Kita bayangkan mi sendiri, pak, kalo anak ta’ harus tinggal di sekolah satu hari penuh. Kan harus dipikirkan juga tentang istirahatnya, makannya, kondisi sekolah dan lain-lainnya. Harusnya dikaji dulu sebelum diterapkan. Jangan sampai malah bikin tambah susah,” jelas Andi, seorang warga Makassar yang mengaku menolak penerapan program Full Day School.

About The Author

Related posts

CELEBES ONLINE