ACC : Revisi UU KPK akan Melemahkan KPK | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

ACC : Revisi UU KPK akan Melemahkan KPK

CELEBESonline.com, Makassar – Anti Corruption Commite (ACC) menggelar diskusi tematik mengenai urgensi revisi undang undang KPK dan korupsi elektronik KTP, di Cafe Chooper, jalan Kasuari Makassar, Senin (3/4/2017).

Hadir sebagai narasumber yakni akademisi Universitas Bosowa, Marwan Mas, pengamat pemerintahan Luhur Priyanto dan badan pekerja ACC, Wiwin Suwandi.

Dalam diskusi tersebut, Wiwin Suwandi menanggapi badan keahlian DPR RI yang sedang gencar melakukan sosialisasi tentang revisi UU KPK ke berbagai kampus, di antaranya Universitas Andalas Padang, Universitas Nasional dan Universitas Gajah Mada.

Wiwin Suwandi mengklaim, sosialisasi tersebut terkesan ngotot dilakukan oleh DPR, apalagi revisi undang undang KPK tersebut tidak masuk dalam 50 revisi undang undang yang masuk prolegnas tahun 2017.

Dalam poin-poin revisi undang undang KPK ini sendiri, dinilai justru akan melemahkan dan memutilasi KPK, seperti yang tertera dalam salah satu pasal RUU yakni KPK harus melalui persetujuan pengadilan jika ingin melakukan penyadapan.

Wiwin mengaku bahwa hal itu justru akan melemahkan KPK sebab sangat membatasi ruang bagi KPK untuk mengusut kasus korupsi.

Selain itu lanjutnya, sosialisasi oleh DPR yang bertepatan dengan pengusutan kasus elektronik KTP yang banyak melibatkan anggota DPR, dianggap sebagai bagian dari desain DPR yang ingin melemahkan KPK.

Sementara itu akademisi dari Universitas Bosowa, Marwan Mas mengatakan, KPK saat ini telah menjadi lembaga penegak hukum yang masih dipercaya publik, utamanya dalam memberantas kasus korupsi dengan kinerja yang telah diperlihatkan selama ini.

About The Author

Related posts

CELEBES ONLINE