Pakai e-Panrita, None Pantau UNBK di Sulsel dari Sidrap | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Pakai e-Panrita, None Pantau UNBK di Sulsel dari Sidrap

CELEBESonline.com, Sidrap – Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Sidrap, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel Irman Yasin Limpo, juga menyempatkan memantau pelaksanaan UNBK di sejumlah daerah di Sulawesi Selatan, Kamis (6/4/2017).

Menggunakan aplikasi pendidikan e-Panrita yang diluncurkannya November 2016 lalu, Irman Yasin Limpo kemudian berkomunikasi dengan sejumlah Kepala UPTD Dinas Pendidikan di beberapa kabupaten-kota di Sulsel.

Bertempat di SMK Negeri I Pangkajene Kabupaten Sidrap, Kadis yang akrab disapa None, melakukan telekonferens, salah satunya dengan Kepala UPTD Dinas Pendidikan Kota Makassar.

“Bagaimana pelaksanaan UNBK di Makassar, Pak? Aman atau ada masalah. Karena saya sekarang di Sidrap dan tidak ada masalah ini, bagaimana dengan Makassar,” tanya None.

Petugas opetaror UPTD Dinas Pendidikan Provinsi di Makassar kemudian mengabarkan bahwa secara umum semua berjalan lancar. Hanya saja, lanjut sang operator, sejumlah sekolah di Makassar sedang mati lampu saat pelaksanaan UNBK. “Oh yah, ada mati lampu di Makassar,” tanya None.

“Iya pak, jadi pelaksanaan UNBK kami tunda. Konsekuensinya kami gencet waktu istirahat siswa, tapi amanlah, pak,” ujar sang operator seraya mengatakan bahwa kepala UPTD Makassar tidak ada di tempat.

Saat melakukan telekonferens, None bersama dengan legislator Sulsel dari Fraksi Partai NasDem, Syaharuddin Alrif. Sementara itu, telekonferensi dengan e-Panrita yang dilakukan None, mengundang decak kagum sejumlah kalangan pendidik di Sidrap.

“Wah canggih betul mi teknologi, di’. Dari Sidrap, Pak Kadis tahu Makassar mati lampu dan bisa berkomunikasi secara tatap muka lewat layar lebar,” ujar salah seorang guru yang turut menyaksikan telekonferensi tersebut.

Aplikasi e-Panrita mulai diperkenalkan oleh None saat peringatan Hari Aksara Internasional dan Hari Guru tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Pare-Pare, November 2016 silam.

Aplikasi pendidikan e-Panrita ini merupakan hasil kerjasama dengan Disdik Sulsel dengan Telkomsel. Dalam pengunaannya, e-Panrita dapat mendekatkan hubungan antara empat pihak, yaitu orang tua, guru, siswa, dan regulator pendidikan.

Melalui aplikasi ini, para siswa, guru, dan regulator dapat melakukan berbagai aktivitas, misalnya telekonfrens, e-learning, kuis serta polling untuk meningkatkan motivasi guru.

Dengan aplikasi ini juga, sistem data pendidikan Sulsel, sistem komunikasi dengan seluruh jaringan sekolah di 24 kabupaten-kota bisa berjalan dengan lancar tanpa sekat.

About The Author

Related posts

CELEBES ONLINE