Mengkonsumsi Makanan Ini Bisa Membuat Warna Air Kencing Berubah | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Mengkonsumsi Makanan Ini Bisa Membuat Warna Air Kencing Berubah

-

CELEBESONLINE.com – Urine atau air kencing umumnya berwarna agak kuning kadang beberapa orang mengalami perubahan warna kencing.

Jika itu terjadi, jangan panik. Beberapa perubahan warna kencing dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti siklus menstruasi, obat-obatan, atau masalah kesehatan.

Perubahan warna kencing bisa juga disebabkan oleh makanan yang Anda makan. Berikut ini beberapa jenis makanan yang membuat kencing bisa menjadi berwarna:

1. Asparagus membuat warna urin hijau

Asparagus merupakan makanan yang biasanya diolah menjadi sup lezat. Asparagus mengandung asam asparagusic.

Senyawa ini adalah senyawa yang akan terpecah menjadi kelompok senyawa sulfur saat Anda memakannya.

Sulfur adalah senyawa yang terdapat di dalam gas dan akan disemprotkan oleh sigung ketika sedang dalam keadaan terancam.

Senyawa-senyawa ini yang ketika masuk ke dalam urin akan menyebabkan warna kencing menjadi kuning gelap atau kehijauan.

2. Ikan salmon membuat urin berwarna kuning

Ikan salmon yang mengandung vitamin B-6 dapat membantu tubuh dalam menyintesis protein dan lemak. Vitamin B-6 merupakan vitamin yang sangat penting bagi tubuh.

Namun, vitamin ini memiliki beberapa efek untuk saluran kemih. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B-6 akan menyebabkan urin Anda menjadi berwarna kuning. Urin Anda juga akan memiliki bau yang mirip dengan obat.

3. Buah naga membuat air kencing berwarna pink

Jika Anda baru saja makan buah naga merah, maka jangan khawatir, jika urin Anda menjadi merah atau sedikit berwarna pink, karena warna urin atau feses yang berubah warna menjadi kemerahan adalah memang karena efek buah naga.

Buah naga mengandung pigmen betahiasin yang kerap kali digunakan sebagai pewarna makanan alami.

Ketika seseorang mengonsumsi buah ini, maka urin akan berwarna kemerahan atau disebut dengan pseudohematuria (pipis merah palsu)

4. Wortel membuat air kencing menjadi oranye

Untuk Anda yang memiliki pola hidup sehat, dan punya hobi meminum sayuran dengan cara dijus, jangan heran jika Anda memiliki urin yang berwarna kuning gelap atau berwarna oren.

Terutama jika Anda telah meminum jus wortel atau terlalu banyak mengonsumsi wortel. Kandungan betakaroten di dalam wortel bisa menyebabkan warna Anda menjadi kuning gelap atau berwarna oren.(*)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE