Pilgub Jakarta dan Rasa Keadilan | Page 2 of 2 | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Pilgub Jakarta dan Rasa Keadilan

Jakarta adalah barometer demokrasi. Jakarta adalah panggung daerah tetapi luasnya seperti pentas nasional.

Karena itu banyak pendidikan politik dan demokrasi, bahkan pelajaran tentang kehidupan berbangsa dan bernegara, patut dipetik sebagai catatan sejarah demokrasi, khususnya dalam hal memilih pemimpin untuk masa mendatang.

Beberapa catatan penting harus dituliskan dalam sejarah kita. Betapa masalah pluralisme, suku, agama, ras, dan antargolongan masih menjadi perdebatan yang belum selesai. Bhinneka tunggal ika harus dijaga sebagai pengikat, dan Pancasila sebagai perekat dalam berbangsa dan bernegara adalah harga mati.

Akan tetapi, kunci utama dari dinamika kehidupan berbangsa dan bermegara itu, adalah keadilan yang adil dan beradab. Ketika rasa keadilan terusik, maka persatuan terganggu, musyawarah mufakat menjauh, kemanusia melemah, dan ketuhanan tak bisa ditawar.

Itulah pelajaran penting bagi calon pemimpin masa depan. Tegakkanlah keadilan, berlakulah adil yang seadil-adilnya. Ketika pemimpin berkinerja baik, tetapi mengusik rasa keadilan masyarakat, maka logika masyarakat dalam menilai kinerja menjadi tidak berbanding lurus. Ingat, ketidakadilan adalah sumber dari segala konflik (politik, birokrasi, keamanan, hukum, dan semua sendi kehidupan masyarakat).

Dalam hal pemilihan gubernur Jakarta, masyarakat mayoritas menilai ada ketidakadilan yang dipertontonkan elit politik dan elit negara. Logika mungkin mengatakan tidak ada ketidakadilan, tetapi rasa perasaan maupun nurani masyarakat berkata lain.

Buktinya, Anis-Sandi yang belum ada bukti kinerja pemerintahan Jakarta, mampu mendulang suara yang sangat signifikan di atas Ahok-Djarot yang menurut pendukungnya berkinerja baik.  Sebuah pelajaran untuk pemilihan pemimpin, termasuk pemilihan presiden kelak. Adil…!

Andi Suruji, Pemimpin Umum Tribun Timur.

(Tulisan ini juga dimuat di Harian Tribun Timur Makassar edisi Jumat, 21 April 2017)

Pages: 1 2

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE