Prakondisi Jelang May Day, Buruh Demo Kantor Disnaker Sulsel | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Prakondisi Jelang May Day, Buruh Demo Kantor Disnaker Sulsel

Para buruh saat berunjuk rasa di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Selatan, Kamis (27/4/2017). - (wahyu)

CELEBESonline.com, Makassar – Puluhan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Perjuangan Buruh Indonesia dan Serikat Pemuda Mahasiswa Nusantara, berunjuk rasa menuntut pelaksanaan aturan ketenagakerjaan serta pemenuhan hak buruh yang sering diabaikan, Kamis (27/4/2017) siang.

Aksi yang digelar di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Selatan di jalan Perintis Kemerdekaan KM 10 ini, merupakan prakondisi jelang peringatan Hari Buruh Sedunia yang dikenal dengan sebutan May Day, 1 Mei mendatang. Dalam orasinya, para buruh menuntut Dinas Tenaga Kerja Sulawesi Selatan untuk melaksanakan aturan ketenagakerjaan dan pemenuhan hak buruh yang sering terabaikan.

Mereka juga menuntut untuk menghapus UU nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan yang mereka nilai tidak adil terhadap buruh. Menurut para buruh, selama ini masih banyak hak normatif buruh yang tidak dipenuhi oleh perusahaan, diantaranya ; upah buruh masih di bawah kesejahteraan dan pemerintah dianggap tidak tegas dalam melakukan penindakan.

Sementara itu, para pengunjuk rasa kemudian membubarkan diri setelah salah satu perwakilan peserta aksi bertemu langsung dengan pihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulsel.

 

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE