Unhas Koordinator Panitia Lokal Makassar SBMPTN 2017 di Sulselbar | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Unhas Koordinator Panitia Lokal Makassar SBMPTN 2017 di Sulselbar

Panitia Lokal Makassar menggelar rapat Pleno SBMPTN 2017 di kampus Unhas, Selasa (2/5/2017) - (dok Unhas)

CELEBESonline.com, Makassar – Pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 di Kota Makassar tahun ini mengalami perubahan.

Pada tahun-tahun sebelumnya terdapat dua Panitia Lokal (Panlok) di Makassar, yaitu Panlok 80 Makassar berpusat di Universitas Negeri Makassar (UNM) yang mencakup pula UIN Alauddin Makassar, serta Panlok 82 Makassar yang berpusat di Universitas Hasanuddin (Unhas) yang meliputi pula Sub Panlok Majene untuk Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar).

Namun mulai tahun 2017 dan seterusnya, pelaksanaan SBMPTN dilaksankaan oleh Panlok tunggal, yaitu Panlok Makassar. Cakupan Panlok Makassar terdiri dari Unhas, UNM, UIN Alauddin, dan Unsulbar.

Kebijakan penyatuan ini merupakan keinginan Panitia Pusat yang menghendaki agar pengelolaan dan pelaksanaan SBMPTN lebih efektif dan efisien. Dewasa ini, pelaksanaan SBMPTN hanya dilakukan oleh Panlok tunggal di setiap kota.

Untuk memastikan terciptanya persepsi yang sama diantara personil kepanitian yang berasal dari perguruan tinggi yang berbeda-beda, Panitia Lokal Makassar SBMPTN 2017 menggelar Rapat Pleno di kampus Unhas, Selasa (2/5/2017).

Rapat Pleno ini dipimpin langsung Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, sebagai Penanggung Jawab Panlok Makassar.

Turut hadir dalam pertemuan ini adalah Rektor UNM, Prof Dr Husain Syam (sebagai Wakil Penanggung Jawab). Sementara dari Unsulbar diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr Muhammad Saad, serta dari UIN Alauddin diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof Dr Mardan.

Acara ini dihadiri pula oleh puluhan peserta dari empat perguruan tinggi peserta Panlok Makassar.

Dalam pengantarnya mengawali acara, Prof Dr Junaidi Muhidong sebagai Koordinator Panlok Makassar mengatakan bahwa meskipun kepanitiaan merupakan gabungan dari berbagai perguruan tinggi, namun bidang-bidang dalam kepanitiaan telah melakukan beberapa kali pertemuan teknis untuk menyamakan Standar Operasi dan Prosedur (SOP) masing-masing perguruan tinggi yang selama ini telah berlaku.

“Kepanitiaan kali ini dibuat dengan model penguatan sistem. Koordinator dari Unhas dan wakil dari UNM, sementara anggota berasal dari setiap PTN anggota Panlok. Harapannya, tahun depan hanya level koordinator yang berganti/bertukar, sementara di anggota tim tetap, sehingga knowledge terhadap tata kelola tetap ada di situ,” kata Prof Junaidi, yang juga merupakan Wakil Rektor I Bidang Akademik Unhas.

Sementara itu, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu mengatakan bahwa proses SBMPTN yang sekarang bergabung untuk Makassar merupakan tantangan tersendiri.

“Panlok Makassar adalah Panlok terakhir yang bergabung. Sejak lama Panitia Pusat menghendaki agar setiap kota hanya terdapat 1 panlok saja,” katanya.

“Padahal kita selama ini telah memiliki sistem masing-masing, sekarang harus digabungkan. Disitulah letak tantangannya,” tambah Prof Dwia.

Prof Dwia selanjutnya menegaskan keyakinannya bahwa pelaksanaan SBMPTN 2017 di Makassar akan dapat berlangsung sebagaimana yang diharapkan.

Hal senada dikemukakan oleh Rektor UNM, Prof Husain Syam, yang menegaskan akan memberikan dukungan penuh.

“Dukungan kami kepada Unhas sebagai koordinator adalah suatu keharusan. Karena kita sudah ada komitmen bahwa koordinator akan berganti-ganti, sehingga tahun depan UNM yang akan menjadi koordinator. Kita sama-sama sempurnakan untuk menghasilkan proses terbaik,” urai Prof Husain Syam.

“Kalau ada kesalahan yang terjadi di Unsulbar, kemungkinan besar Unhas yang akan terkena dampak sebagai koordinator. Kita tidak mau hal itu terjadi. Unhas ini kan saudara tua semua. Bahkan, bagi Unsulbar, Unhas itu ibarat ibu kandung,” tambah Wakil Rektor I Unsulbar, Muhammad Saad.(*)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE