Delapan SMP di Maros Gelar UNBK | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Delapan SMP di Maros Gelar UNBK

-

CELEBESonline.com, Maros – Sebanyak delapan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kabupaten Maros menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mulai hari ini, Selasa (2/5/2017).

Delapan sekolah yang mengikuti UNBK tahun 2017 ini terdiri dari lima sekolah negeri dan tiga swasta. Sekolah negeri yang menggelar UNBK yakni SMPN 1 Maros, SMPN 2 Unggulan Maros, SMPN 4 Maros, dan SMPN 5 Mandai. Adapun sekolah swasta diantaranya SMP Angkasa, SMP Al-Islah, dan Darul Istiqamah.

Bupati Maros, Hatta Rahman, yang memantau langsung jalannya UNBK di hari pertama bersama ketua DPRD Maros dan sejumlah pejabat lainnya, mengemukakan bahwa pelaksanaan UNBK ini sebagai upaya untuk meningkatkan mutu kualitas pendidikan di Maros.

“Dengan pelaksanaan UNBK ini, kita berharap mutu pendidikan di Maros jauh lebih baik kedepannya,” kata Hatta Rahman.

Lebih jauh Bupati Maros dua periode ini menjelaskan bahwa di tahun ini pelaksanaan UNBK sudah mengalami kemajuan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Dulunya pelaksanaan UNBK banyak mengalami kendala, namun berkat persiapan yang baik, semua bisa diatasi dengan baik tahun ini. Kita berharap tahun mendatang lebih bagus lagi,” ucapnya.

Menurut Hatta, UNBK ini jauh lebih efektif dan efisien ketimbang ujian konvensional yang selama ini dilaksanakan. Ini disebabkan tidak akan ada lagi kecurangan yang bisa dilakukan oleh peserta ujian dan guru yang biasanya membocorkan soal.

Selain itu dengan sistem UNBK ini, Hatta Rahman menegaskan tidak ada lagi guru yang tidak mengerti teknologi, khususnya komputer, karena kedepannya, pola pendidikan modern akan menggunakan teknologi sebagai media utamanya.

“Kalau sudah berbasis komputer tentu guru-gurunya juga harus paham bagaimana mengoperasikan komputer,” akunya

Sementata itu, Kepala Dinas Pendidikan Maros, Arifuddin Wahab, menyebutkan, dari sisi data peserta UNBK di SMP, baru terdapat sekitar 15 persen yang ikut UNBK dari total peserta ujian yang mencapai 6.536 siswa. Meski begitu, katanya, angka ini sudah jauh melampaui target yang sebelumnya hanya 10 persen saja.

“Sebanyak 1.703 siswa yang mengikuti UNBK, adapun siswa yang ujian manual sebanyak 4.833 siswa,” kata Arifuddin Wahab.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE