Dua Murid SLB YPAC Antusias Ikut Ujian Nasional | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Dua Murid SLB YPAC Antusias Ikut Ujian Nasional

-

CELEBESonline.com, Makassar – Ujian Berstandr Nasional tingkat sekolah dasar (SD) memasuki hari kedua, Selasa (16/5/2017). Dua murid Sekolah Luar Biasa (SLB) YPAC yang berada di Jalan Kapten Pierre Tandean nampak antusias mengikuti ujian.

Kedua siswa ini meskipun mengalami keterbatasan tentu terlihat bersemangat saat mengerjakan soal di SLB YPAC Makassar. Kedua siswa itu harus menggunakan kursi roda setiap harinya karena tidak mampu untuk berjalan, begitu pun saat mengikuti UN

Keterbatasannya mereka tidak bisa berjalan bukan hambatan dalam bergerak. Bahkan, prestasi akademiknya memiliki kemampuan untuk mengikuti UN.

Kepala sekolah SLB YPAC, Makassar, Mukhlis, mengaku sebenarnya ada delapan murid yang seharusnya mengikuti UN. “Namun hanya dua saja yang ikut ujian karena mereka yang masih mampu beraktivitas dibanding enam temannya yang lain,” kata Mukhlis.

“Keenam murid tersebut sulit karena masuk kategori tuna grahita dimana keterbelakangan mental dan kemampuan akademiknya rendah. Sehingga tidak diperbolehkan mengikuti ujian nasional, namun mereka bisa mengikuti ujian sekolah,” tambahnya.

Mukhlis menambahkan, meski mempunyai keterbatasan, dua muridnya akin tidak mengalamai kesulitan mengerjakan ujian. “Mereka sering dilatih untuk menggerjakan anggota tubuhnya terutama dalam melingkari lembar jawaban ujian,” tuturnya.

Sebelumnya, pihak sekolah sering melakukan latihan ujian satu minggu tiga kali dengan tujuan agar kedua siswa ini tidak canggung saat UN berlangsung, terutama saat menghitamkan lingkaran lembar jawaban

Meski kedua siswa tersebut mengalami keterbatasan, pihak SLB YPAC tidak memperlakukan mereka secara khusus. Salah satunya mengenai waktu yang diberikan saat menjawab soal-soal UN. Hal itu dilakukan pihak SLB YPAC karena menginginkan hasil yang murni dari siswanya

Waktu untuk mengisi soal juga tetap 120 menit sesuai dengan ketentuan yang diberikan Dinas Pendidikan.(*)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE