Dosen Unibos Raih Gelar Doktor di FH Unhas | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Dosen Unibos Raih Gelar Doktor di FH Unhas

Yuliah A Hasan -

CELEBESonline.com, Makassar – Yuliah A Hasan, dosen Fakultas Hukum Universitas Bosowa (FH Unibos) yang juga alumni pertama Fakultas Hukum Universitas “45” Makassar, meraih gelar Doktor dalam bidang Ilmu Hukum pada sidang promosi Doktor di ruang promosi lantai 3 Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas), Rabu (24/5/2017).

Mengangkat disertasi dengan judul “Implementasi Prinsip Perlindungan Konservasi Sumber Daya Ikan dalam Aktivitas Penangkapan Ikan di Indonesia”, ibu dari tiga anak ini berhasil meraih nilai Sangat Memuaskan dengan IPK 3,85.

Penelitian yang terhadap topik ini menurutnya memang masih jarang dilakukan. Sehingga perlu observasi lanjutan untuk melihat sejauhmana efektivitas perlindungan  hukum terhadap konservasi sumber daya ikan selama ini yang diperkirakan belum maksimal.

“Ada beberapa hal yang menyebabkan keefektivitasan ini masih belum maksimal. Salah satunya dari faktor seperti pengawasan yang dilakukan insitusi penegak hukum masih bersifat sektoral,” kata Yuliah prosesi pemaparan hasil disertasinya.

“Masih ada pengawas yang menyalahgunakan tugas dan wewenangnya, anggaran operasional yang terbatas dan penanganan tindak pidana perikanan hanya bertumpu pada instrumen hukum yaitu UU Perikanan dengan menerapkan sanksi pidana maupun administratif, dan tidak membuat para pelaku menjadi jera,” tambah Yuliah.

Dengan demikian, Yuliah berharap agar pengawasan sumber daya ikan tidak hanya bergantung APBN tetapi pada sumber-sumber pendanaan lainnya seperti CSR. Dia menawarkan konsep pendanaan pengelolaan perairan bersama.

“Olehnya itu diharapkan pada pemerintah untuk mensosialisasikan pentingnya masyarakat terlibat dan memberikan inisiatifnya untuk pelestarian, pemanfaatan sumber daya ikan agar dapat tercapai dengan baik,” tambah Yuliah.

Sidang Promosi Doktor ini dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof Dr Farida Patintingi MH. Hadir sebagai Promotor adalah Prof Dr Alma Manuputty didampingi Prof Dr Farida Patintingi selaku Ko-Promotor I dan Prof Dr Marcel Hendrapati selaku Ko-Promotor II.

Sementara penguji adalah Prof Dr Juajir Sumardi, Prof Dr Abrar Saleng, Prof Dr SM Noor, Dr Maasba Magassing, dan Dr Sudirman Saad.

Selain itu, promosi doktor ini juga dihadiri oleh wakil Rektor II Unibos, Dr Hadijah, bersama Dekan Fakultas Hukum, Dr Ruslan Renggong, para dosen dan mahasiswa FH Unibos.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE