counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

Ini Tradisi Unik Sejumlah Daerah di Indonesia Sambut Lebaran

Tradisi Grebek Syawal, Yogyakarta, untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri - (Int)
New Banner Semen

CELEBESonline.com – Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri di Indonesia memiliki banyak ciri khas untuk merayakannya, dibanding dengan negara lain.

Ada sejumlah tradisi acara khusus untuk menyambut masuknya tanggal 1 Syawal penanggalan hijriah, dari beberapa daerah di Tanah Air.

Berikut tradisi unik untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri di daerah-daerah di Indonesia, seperti dilansir Tabloid Bintang;

Festival Tumbilotohe, Gorontalo

foto: Int
Bukan hanya unik, festival yang diadakan sebagai tradisi Lebaran di Gorontalo ini juga indah. Alasannya, pada malam takbir, masyarakat di Gorontalo akan menyalakan obor kecil berbahan bakar minyak tanah yang menerangi sepanjang jalan.

Tradisi itu lahir karena pada jaman dulu, warga desa yang daerahnya belum mendapat pasokan listrik dapat dengan mudah membagikan zakat. Walaupun kini sudah banyak desa yang diterangi lampu, namun hal itu masih dilestarikan hingga saat ini.

Festival Meriam Karbit, Pontianak

foto: Int
Tradisi ini berlangsung sejak 200 tahun lalu. Festival Meriam Karbit identik dengan penggunaan meriam yang terbuat dari bambu besar, dan biasanya diadakan sekaligus dinyalakan di sepanjang sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat, sebagai penanda datangnya hari kemenangan.

Ronjok Sayak, Bengkulu

foto: Int
Masyarakat Bengkulu meyakini jika api adalah penghubung antara manusia dengan leluhur, kepercayaan itu sudah berlangsung selama ratusan tahun.

Tradisi Lebaran Suku Serawai tersebut bernama Ronjok Sayak, yang berarti bakar gunung api. Saat malam takbir, seluruh warga biasanya menyusun batok kelapa menjulang tinggi kemudian dibakar di depan rumah masing-masing, sehingga nampak seperti gunung api.

Batobo, Riau

foto: Int
Perayaan khusus ini adalah acara penyambutan untuk orang Riau yang mudik ke kampung halamannya.

Gelaran meriah disertai iringan rebana, merupakan inti dari tradisi yan diperuntukkan bagi para perantau agar menuju ke acara tempat buka bersama. Batobo menjadi ajang melepas rindu sekaligus mempererat silahturahmi.

Grebek Syawal, Yogyakarta

foto: Int
Usai Idul Fitri, kemeriahan Grebek Syawal yang digelar untuk merayakan Hari Lebaran berlangsung di Yogyakarta, dan sejumlah daerah di Jawa Tengah.

Tradisi ini berlangsung meriah dengan arak-arakan hasil bumi yang disusun berbentuk kerucut berukuran besar dari keraton, menuju halaman Masjid Agung Kauman. Masyarakat yang berlomba-lomba memperebutkan hasil bumi tersebut, menjadi puncak acara Grebek Syawal itu.(*)

Related posts

CELEBESONLINE