Ternyata, Daun Seledri Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Ternyata, Daun Seledri Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Seledri - (int)

CELEBESonline.com, Makassar – Seledri biasanya hanya dijadikan pelengkap makanan berkuah seperti sup dan bakso. Meski kadang dipandang sebelah mata, tapi tanaman yang memiliki aroma khas ini ternyata mengandung banyak sekali vitamin, mulai dari vitan A, C, E, K, B6, B12, hingga mineral.

Karena kandungannya itulah, seledri memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan, bisa mencegah datangnya penyakit berbahaya. Berikut manfaat seledri untuk kesehatan:

1. Mencegah kanker
Daun seledri mengandung senyawa flavonoids seperti myricetin dan apigenin tinggi yang berfungsi untuk mengurangi sel kanker yang terdapat di bawah kulit, payudara, saluran pencernaan dan juga prostat.

2. Mencegah diabetes
Myricetin dalam daun seledri juga berfungsi untuk mencegah sekaligus mengobati diabetes.

3. Meningkatkan kerja jantung
Daun seledri juga mengandung asam folic (vitamin B) tinggi yang berfungsi untuk mengoversi homocysteine menjadi molekul jinak.

4. Mengobati rematik
Vitamin C dan beta-carotene yang terkandung dalam batang dan daun seledri mampu bekerja sebagai anti-inflamasi untuk mengobati rematik.

5. Mencegah inflamasi
Mulai dari gigitan serangga, sakit gigi, kulit pecah-pecah, semuanya dapat diobati dengan daun seledri dengan cara diolah (dicampur) ke dalam masakan atau dioleskan pada bagian yang luka.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Vitamin A dalam daun seledri akan langsung bereaksi saat bertemu dengan sel darah putih.

7. Memperbaiki tulang rapuh
Vitamin K dan kalsium yang terkandung dalam batang dan daun seledri sangat bermanfaat untuk memperbaiki tulang yang rapuh.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE