Ini Peran Bupati Takalar dalam Kasus Dugaan Penjualan Lahan Negara | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Ini Peran Bupati Takalar dalam Kasus Dugaan Penjualan Lahan Negara

Aspidsus Kejati Sulsel, Tugas Utoto (tengah) memberikan memberikan keterangan soal status tersangka Burhanuddin, Kamis (20/7/2017) - Teti

CELEBESonline.com, Makassar – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel hari ini, Kamis (20/7/2017), resmi menetapkan Bupati Takalar, Burhanudin Baharudin, sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi penjualan lahan yang diperuntukkan untuk pemukiman transmigrasi di Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar.

Aspidsus Kejati Sulsel, Tugas Utoto menyebutkan dalam perkara tersebut, Burhanuddin Baharudin dalam kapasitasnya sebagai Bupati telah menyalahgunakan kewenangannya dengan mengeluarkan izin prinsip kepada PT Karya Insan Cirebon untuk zona industri berat di Lokasi Desa Laikang dan Desa Punaga.

Burhanuddin mengeluarkan izin prinsip tertanggal 15 Oktober 2015 lalu.

Lokasi itu merupakan daerah pencanangan transmigrasi berdasarkan SK Gubernur Sulsel Nomor 1431/V/Tahun 2007 (memperbaharui Surat Keputusan Gubernur Sulsel Nomor 929/ XI/tahun 1999 tanggal 22 Nopember 1999) yang menetapkan bahwa lokasi di Desa Laikang dan Desa Punaga seluas kurang lebih 3.806, 25 Ha sebagai pencadangan tanah untuk lokasi pemukiman transmigrasi di Kabupaten Takalar.

Kemudian atas dasar ijin prinsip tersebut Kepala Desa Laikang, Sila Laida, dan Sekdes Laikang, Risno Siswanto, serta Camat Mangarabombang, Muhammad Noor Uthary melakukan penjualan tanah kepada PT Karya Insan Cirebon dengan cara merekayasa seolah-olah tanah yang dijual tersebut adalah tanah milik masyarakat dengan alas hak tanah garapan atau AJB.

Mereka pun telah menjual lahan tersebut seluas 150 Ha dengan nilai penjualan sebesar Rp 18.507.995.000.

Sebelumnya, penyidik Kejati Sulsel telah menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus tersebut. Mereka adalah Camat Mangarabombang (M Noor Utharu), Kepala Desa Laikang (Sla Laidi), dan Sekertaris Desa Laikang (Risno Siswanto).(*)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE