Curahan Hati Warga Suku Rohingya di Makassar | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Curahan Hati Warga Suku Rohingya di Makassar

Pengungsi Suku Rohingya di Makassar - (Apri)

CELEBESonline.com, Makassar – Ratusan pengungsi Suku Rohingya, Myanmar, di Makassar menggelar aksi demonstrasi di depan Menara Bosowa, Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (26/7/2017). Mereka menuntut perhatian dari Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi atau United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR).

Mereka juga mulai merasakan ketidakadilan dari anggota PBB. Pasalnya, mereka masih terlantar jauh dari negerinya di Indonesia tanpa ada kejelasan status.

“Yang lain (pengungsi negara lain) ada yang dua tahun sudah dapat paspor dan berangkat (ke negara ketiga). Kami sudah bertahun-tahun di sini dan belum ada kejelasan kapan akan diberangkatkan,” kata seorang Suku Rohingya, Mohammed Alam.

“Saya dengar-dengar, pengungsi lain kalau ketemu petugas dari PBB, mereka bayar 8.000 dolar dan bisa berangkat. Kami, orang Myanmar tidak punya uang, makanya tidak diperhatikan,” katanya

Alam mengatakan bahwa mereka menuntut kemanusiaan dan keadilan dari PBB. Mereka mengaku sudah sabar bertahun-tahun menunggu janji dari UNHCR yang katanya dalam dua atau tiga tahun sudah bisa berangkat ke negara ketiga.

“Saya sudah total tujuh tahun di Indonesia dan belum pasti ke depannya seperti apa. Padahal, anak-anak kami butuh pendidikan, kepastian hukum, dan lainnya,” ucap Alam.

Pengungsi Suku Rohingya, Myamnar, di Makassar

Lain lagi curhatan dari Salahuddin, warga Suku Rohingya lainnya. Ia mengatakan bahwa negara ketiga enggan menerima mereka.

“Kalau pengungsi dari Afrika, Afganistan, dan lainnya, mereka terima. Tapi, katanya mereka (negara ketiga) menolak menerima dari Rohingya. Kenapa? Ada apa?” ucapnya.

Para pengungsi Suku Rohingya ini pun mulai jenuh dengan janji-janji dai UNHCR. Mereka mengajukan tiga tuntutan yaitu kembalikan ke negaranya, atau diberikan penghidupan layak di Indonesia, atau segera diberangkatkan ke negara ketiga.

Di Makassar, jumlah pengungsi Suku Rohingya sebanyak 210 jiwa. Mereka ada yang tinggal selama 5 tahun di Kota Anging Mammiri ini.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE