Puncak DID di Makassar, Orang Muda Katolik Pamerkan Budaya Daerah | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Puncak DID di Makassar, Orang Muda Katolik Pamerkan Budaya Daerah

-

CELEBESonline.com, Makassar – Salah satu rangkaian kegiatan pertemuan Orang Muda Katolik (OMK) se-Asia atau Asian Youth Day (AYD) ke-7 tahun di Indonesia adalah Day in the Diocese (DID) di mana peserta tinggal di keuskupan sejak 30 Juli sampai 1 Agustu. Salah satu lokasi DID adalah Keuskupan Agung Makassar.

Keuskupan Agung Makassar mendapat tugas menerima peserta DID dari Korea Selatan, Brunei Darussalam, Keuskupan Agung Merauke, Keuskupan Manado, Keuskupan Amboina, Keuskupan Manokwari-Sorong, Keuskupan Agats (Papua), dan Keuskupan Agung Makassar sebagai tuan rumah.

Puncak DID di Keusukupan Agung Makassar digelar malam budaya di Aula Paroki Gereja Katolik Santo Fransiskus Asisi, Jalan Hertasning, Makassar, Selasa (1/8/2018).

Kegiatan ini melibatkan tiga ratus peserta OMK yang menjalani DID di Keuskupan Agung Makassar. Mereka mempersembahkan budaya yang berbeda sesuai dengan daerah asalnya

Ketua Panitia DID di Makassar, Yanto Andreas, menyebut bahwa malam budaya ini untuk mempererat kekeluargaan antara orang muda Katolik dari mana saja berasal. “Setelah DID di Makassar, mereka akan lanjut mengikuti puncak AYD ke-7 yang dipusatkan di Yogyakarta di bawah Keuskupan Agung Semarang.

Ribuan peserta yang telah melakukan DID di berbagai Keuskupan se Indonesia menuju Yogyakarta untuk memeriahkan AYD yang akan berlangsung sampai 6 Agustus nanti.

Sementara itu Ukusp Agung Keuskupan Agung Makassar, Mgr John Liku Ada’, menambahkan bahwa kegiatan AYD ini tidak hanya fokus pada sesama umat Katolik saja.

“Orang Muda Katolik juga berbaur dengan masyarakat beda agama. Diharapkan, ini akan membangun persaudaraan lintas kultural, bahasa, dan agama ditengah multikultural di Asia,” ucapnya.

Dalam Gereja Katolik, Asian Youth Day merupakan tingkat pertemuan OMK se Asia yang digelar dua tahun sekali. Tahun 2017 ini, AYD merupakan yang ketujuh kalinya dan Indonesia sebagai tuan rumah, tepatnya Keuskupan Agung Semarang.

AYD ke-7 tahun ini mengusung tema Asian Youth  Gospel’s Joy of Multiculturalistic Asia (OMK Asia: Suka cita Injil bagi Asia yang Majemuk). Salah satu tujuan kegiatan ini adalah mengembangkan kerohanian umat Katolik dan memupuk persaudaraan.(*)

About The Author

Related posts

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE