banner pasang iklan
banner pasang iklan

Ini Dia Gunung Berapi Terkecil di Dunia

Gunung berapi Cuexcomate - (pueblamexico.com)

CELEBESonline.com – Gunung berapi Cuexcomate terletak di pinggiran kota Puebla, Mexico. Gunung ini dikenal sebagai gunung berapi terkecil di dunia. Gunung ini memiliki berat sekitar 40 metrik ton, tinggi 13 meter dan diameter 23 meter. Nama Cuexcomate berasal dari Nahuatl Cuexcomac yang berarti mangkuk atau tempat untuk menjaga sesuatu.

Gunung berapi Cuexcomate ini terbentuk pada tahun 1664, sebagai kerucut cabang selama letusan gunung berapi yang jauh lebih besar, yaitu gunung berapi Popocatépetl.

Disadur dari faktanyagoogle, Cuexcomate secara resmi diklasifikasikan sebagai gunung berapi yang “tidak aktif”, dianggap sangat tidak mungkin untuk meledak dalam aktivitas baru. Namun, warga setempat cukup prihatin, karena gunung Popocatépetl telah semakin aktif selama beberapa tahun terakhir, yang menyebabkan beberapa evakuasi sementara desa-desa sekitar dasarnya.

Jika Popocatépetl kembali meletus, mereka percaya bahwa mungkin saluran bawah tanah dapat mengakibatkan gunung Cuexcomate akan aktif kembali.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBESONLINE