PJI Sulsel Gelar Diskusi Publik Soal Prospek Industri Wisata | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

PJI Sulsel Gelar Diskusi Publik Soal Prospek Industri Wisata

-

CELEBESonline.com, Makassar – Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulawesi Selatan menggelar diskusi publik soal prospek industri pariwisata Sulsel. Dalam kegiatan ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dituntut perkuat sinergitas dengan swasta dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

Penggiat pariwisata di Sulsel menaruh harapan besar kepada Pemprov Sulsel untuk lebih meningkatkan jalinan kerjasama dan sinergitas dalam penguatan sektor pariwisata.

Salah satu pemateri diskusi yakni Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel, Anggiat Sinaga mengatakan, pengembangan pariwisata akan lebih optimal jika dilakukan secara kolektif oleh pemangku kebijakan dengan berorientasi pada penguatan destinasi utama.

“Di sisi lain, Pemerintah Daerah diminta lebih kreatif dan agresif menyelenggarakan event pariwisata dengan memanfaatkan potensi destinasi maupun produk komoditas yang menjadi ciri khas daerah masing-masing,” sebut Anggiat, dalam acara yang berlangsung di Hotel Trisula, Jl Boulevard, Makassar, Selasa (13/8/2017).

Adapun penyelenggaraan event paling memungkinkan dilakukan secara kolektif oleh pemerintah yang memiliki letak geografis berdekatan sehingga mampu menggerakkan sektor-sektor terkait maupun turunan dari pariwisata tersebut, sehingga dapat menjadi sumber PAD bagi daerah.

Sementara itu, langkah tersebut dinilai bisa memberikan dampak positif bagi industri perhotelan Sulsel yang cenderung masih tertahan dari sisi kinerja sepanjang tahun 2017.

Dari data PHRI tahun 2016, rata-rata okupansi sektor pariwisata hanya 53 persen. Kondisi ini diproyeksikan masih berlanjut di 2017, sehingga dukungan pemerintah sangat menentukan, bukan hanya bagi perhotelan tetapi pariwisata di Sulawesi Selatan secara umum.(*)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE