Jelang Idul Adha, Pedagang Luar Kota Padati 'Pasar Tumpah' di Makassar | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Jelang Idul Adha, Pedagang Luar Kota Padati ‘Pasar Tumpah’ di Makassar

Pedagang memenuhi sisi jalan untuk menjajakan kulit ketupat dan lainnya - Azwar

CELEBESonline.com, Makassar – Seperti telah menjadi tradisi tahunan, tiap memasuki momen hari raya Idul Adha maupun Idul Fitri, deretan  pedagang musiman tumpah ruah di beberapa ruas jalan dalam kota Makassar untuk menjajakan dagangannya. Bukan hanya berbagai kebutuhan pokok maupun bumbu dapur namun banyak dari pedagang memilih berdagang daun dan ketupat untuk keperluan hari raya.

Seperti yang terpantau di sepanjang Jalan Gunung Bawakaraeng, Makassar, Sabtu (31/8/2017). Dari sejumlah pedagang yang berjualan di ruas jalan tersebut, kebanyakan mereka bukan asli menetap di Kota Makassar melainkan datang dari luar kota seperti dari Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto,  serta Bantaeng.

Mereka datang memang sengaja datang untuk mengais berkah jelang hari raya.

Menurut salah satu pedagang daun dan ketupat musiman, Jufri, mengatakan, sudah menjadi rutinitas tiap tahun, di momen jelang hari raya, ia masuk Kota Makassar untuk berjualan. Ia berharap bisa mendapat keuntungan yang lebih besar di momen hari raya.

Rata-rata, barang jualannya daun bahan pembuatan ketupat dan pelepah daun pisang, bumbu-bumbu, dan lainnya.

Usaha kulit ketupat sendiri dianggap yang cukup menguntungkan tiap lebaran. Sebab, hanya dengan bermodalkan daun pandan yang dirajut menjadi persegi, kulit ketupat diperjual belikan seharga Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per satu gantung.

Jufri menambahkan, ia dapat melayani permintaan pembeli hampir 100 orang dalam sehari dan mampu meraup keuntungan bersih hingga ratusan ribu Rupiah per hari. Namun, jumlah tersebut dianggap jauh lebih kecil ketimbang pada perayaan Idul Fitri.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE