IPI: Deng Ical-Appi Penantang Kuat Petahana DP | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

IPI: Deng Ical-Appi Penantang Kuat Petahana DP

Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir - (int)

CELEBESonline.com, Makassar – Pengamat politik dari PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI), Suwadi Idris Amir, menilai sosok Wakil Walikota Makassar saat ini, Syamsul Rizal yang akrab disapa Deng Ical, adalah penantang kuat sang petahana Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto (DP).

Menurutnya, dari sisi elektabilitas, petahana DP tertinggi dan Deng Ical yang berada di posisi kedua. Jadi secara kajian data hingga saat ini, Daeng Ical dinilai sebagai penantang serius DP.

Lanjut menurut Suwadi, untuk bisa mengimbangi petahana DP, Deng Ical perlu menyatukan kekuatan dengan figur yang kuat pula dan memiliki kekuatan politik yang kuat pula.

Deng ical yang dikenal bagian dari gerbong politik mantan walikota Ilham Arif Sirajuddin (IAS), idealnya menyatukan kekuatan dengan Gerbong Bosowa-Kalla Group yang mempersiapkan Munafri Afifuddin (Appi). Sehingga terbangun kekuatan politik yang kuat diantara mereka.

Menurut Suwadi, kekuatan Deng Ical terletak pada personalitinya yang dikenal Sombere, merakyat, ramah, dan berada digerbong politik yang tergolong kuat di kota Makassar. Kemudian Appi yang seorang pengusaha, namun memiliki gerbong politik nasional dengan kehadiran Bosowa Group dan Kalla group yang sangat berpengaruh ke elit politik nasional.

Kenapa kubu Deng Ical perlu bersatu dengan kubu Appi, sebab sang petahana tergolong tergolong kuat. Alasannya, DP dianggap walikota yang berprestasi dan mendapat dukungan electoral (elektabilitas) yang tinggi, ini sebagai apresiasi dari masyarakat Kota Makassar kepada petahana DP.

“Bahkan paket Deng Ical-Appi juga perlu mengajak gerbong Golkar-Nasdem untuk bersatu dengan mereka melawan petahana DP yang tergolong kuat,” tutur Suwadi.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE