counter easy hit
160×600 Banner
160×600 Banner

1 Oktober, Parkir Bandara Sultan Hasanudin Naik 50 Persen

-
New Banner Semen

CELEBESonline.com, Maros – Terhitung 1 Oktober mendatang, PT Angkasa Pura I Sultan Hasanuddin, akan menaikan tarif parkir untuk kendaraan yang masuk ke area Bandara. Tak tanggung-tanggung kenaikan tarif parkir kendaraan mengalami kenaikan hingga 50 persen.

General Manager PT Angkasa Pura I  Cecep Marga Sanjaya mengatakan, kenaikan tarif tersebut sudah tepat. Hal tersebut berdasarkan survei yang telah dilakukan oleh Yayasan Perlindungan Konsumen Indonesia (YLKI). “Setelah dilakukan survei oleh YLKI, kami baru melakukan sosialisasi untuk penyesuaian tarif parkir kendaraan di bandara, jelasnya.

Apalagi untuk bandara Sultan Hasanuddin tarif parkir bandara sudah enam tahun tak naik. Dia menganggap dengan rentan waktu yang cukup panjang tersebut, dia menganggap sudah waktunya untuk naik. Apalagi harga pokok produksi parkir kendaraan memiliki alokasi biaya mencapai Rp25,3 miliar pertahun. Sehingga dengan capaian parkir yang ada saat ini dianggap harus ada penyesuaian.

PT Angkasa Pura merilis penyesuaian tarif parkir kendaraan bulan oktober mendatang dengan kenaikan sekitar 50 persen. Jika sebelumnya tarif parkir kendaraan roda dua berkisar Rp2.000/jam, maka untuk bulan oktober akan ada penyesuaian harga menjadi Rp3000/jam. Sementara untuk roda empat, sebelumnya sekira Rp4.000/jam, mengalami kenaikan tarif menjadi Rp6.000/jam.

Dia mengatakan, dengan adanya kenaikan ini pihaknya juga akan meningkatkan sejumlah pelayanan yang ada di lingkungan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Sejauh ini kata Cecep, sejumlah perbaikan telah dilakukan diantaranya, memperbaiki gate karcis, sarana dan pra sarana di lokasi parkir.

Dengan naiknya tarif parkir ini kata Cecep, tentu PAD ke pemerintah kabupaten Maros pun ikut naik. Jika sebelumnya setorak pajak untuk parkir bandara mencapai Rp6 miliar lebih setiap tahunnya, diharapkan dengan adanya kenaikan ini, setoran pajak di tahun mendatang bisa mencapai Rp9 miliar lebih setiap tahun.

“Itu hanya dari parkir, belum dari yang lainnya seperti dari reklame dan juga dari pajak tenant yang ada di dalam lingkungan Bandara,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Maros HA Harmil Mattotorang yang hadir dalam sosialisasi penyesuaian tarif parkir Bandara menjelaskan, pihaknya memberi dukungan terkait kenaikan tarif tersebut. Menurutnya, memang sudah lama tarif parkir tidak dinaikkan. Dia berharap kenaikan ini tidak memberatkan masyarakat pengguna jasa bandara.

Dia menambahkan, untuk menghindari cercaan dari masyarakat, dia meminta pihak Angkasa Pura untuk melakukan sosialisasi ke pengguna jasa bandara, baik melalui papan bicara maupun melakukan sosialisasi di media.

Related posts

CELEBESONLINE