YLKI Minta Penegak Perda Tidak Main-Main Beri Sanksi Apotek Nakal | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

YLKI Minta Penegak Perda Tidak Main-Main Beri Sanksi Apotek Nakal

Ketua YLKI Makassar, Ambo Masse - (Azwar)

CELEBESonline.com, Makassar – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) minta penegak peraturan daerah di Kota Makassar, tidak main-main memberikan sanksi kepada pelaku usaha apotek yang tetap bandel menjual obat terlarang. YLKI rekomendasikan pencabutan lisensi serta izin praktek bagi apotek nakal.

Peredaran obat keras dan terlarang di Makassar dianggap makin marajalela, akibat kurangnya kontrol dan pengawasan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dan penegak hukum yang cenderung lemah dalam memberikan sanksi tegas bagi distributor.

BACA JUGA :  Edarkan Shabu, Dua IRT Kakak Beradik Ini Ditangkap Tim Macan

YLKI menilai, sanksi yang diberikan selama ini tidak berefek jera bagi pelaku usaha apotek yang berulang kali menjual obat-obatan daftar “G”. Padahal, imbas dari ulah tersebut adalah konsumen yang teridentifikasi kebanyakan di bawah umur yang hanya ingin mencoba, dan akhirnya menjadi korban.

“Kami merekomendasikan kepada penegak Perda di Kota Makassar agar memberikan sanksi tegas dengan pencabutan linsensi izin usaha, dan izin praktek bagi apotek dan apoteker yang terbukti kembali berulah,” tegas Ketua YLKI Kota Makassar, Ambo Masse kepada CELEBESonline.com, Rabu (4/10/2017).

BACA JUGA :  Memberi Sedekah Pengemis, Ini Hukumnya

Sebelumnya, informasi dan data dari pihak Dinas Kesehatan Kota Makassar, terdapat 40 apotek di Kota Makassar yang disinyalir bermasalah lantaran ditemukan menjual obat tidak sesuai aturan atau peruntukkannya. Adanya temuan itu, dianggap dapat menjadi dasar penegak hukum untuk memberantas peredaran obat terlarang yang terdistribusi melalui apotek.(*)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE