Ditahan, Bupati Takalar Dibawa ke Lapas Pakai Rompi Pink | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Ditahan, Bupati Takalar Dibawa ke Lapas Pakai Rompi Pink

Burhanuddin Baharuddin ditahan - Teti

CELEBESonline.com, Makassar – Bupati Takalar, Burhanuddin Baharuddin, ditahan tim tim Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel, Senin (6/11/2017) siang. Burhanuddin ditahan atas kasus dugaan korupsi penjualan lahan negara di Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, Takalar.

Sebelum resmi ditahan, Bur menjalani pemeriksaan selama beberapa jam. Ia diperiksa intensif setelah permohonan praperadilan-nya ditolak hakim tunggal di Pengadilan Negeri (PN) Makassar.

Usai pemeriksaan, Bur diberikan rompi warna pini dan digiring ke mobil tahanan yang akan membawanya ke lapas klas 1 Makassar.

Ia akan mendekam di dalam tahanan selama 20 hari ke depan. Berdasarkan hasil penyidikan serta pemeriksaan yang dilakukan terhadap tersangka, pPenyidik berpendapat telah terpenuhi syarat-syarat penahanan yang diatur dalam KUHP.

Adapun pemeriksaan terhadap tersangka dilakukan setelah sebelumnya yang bersangkutan tidak memenuhi tiga  kali panggilan yang disampaikan oleh Penyidik Kejati.

Burhanuddin ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan Surat Perintah Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan Nomor PRINT-425/R.4/Fd.1/07/2017 tanggal 20 Juli 2017 lalu.

Dalam perkara yang diduga menimbulkan kerugian keuangan negara sebesar lebih dari Rp 17 miliar tersebut, tersangka diduga telah mengeluarkan izin prinsip untuk Zona Industri Berat di lokasi yang sebenarnya merupakan pencadangan transmigrasi. Kerugian tersebut merupakan hasil penjualan lahan seluas 150 hektar dari total luas lahan 3.806,25 hektar di daerah yang dijalan lahan transmigras itu.

Penyidik Kejati Sulsel sebelumnya telah menahan dua orang yang kini menjalani persidangan di PN Makassar. Mereka adalah M Noor Utary (Camat Manggarabombang) dan Risno Siswanto (Sekdes Laikang).

Ini ironi. Karena Bur tinggal sebulan lagi menanggalkan jabatannya. Ia kalah di Pilkada 2017 lalu dan digantikan Syamsari Kitta yang berpasangan dengan Ahmad Dhani Se’re. Pasangan ini dijadwalkan dilantik 21 Desember mendatang.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE