Temui Warga Galesong, Aliyah Mustika Ingatkan Perempuan Agar Tidak Menikah Muda | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Temui Warga Galesong, Aliyah Mustika Ingatkan Perempuan Agar Tidak Menikah Muda

-

CELEBESonline.com, Takalar – Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Aliyah Mustika Ilham, menemui ratusan warga Desa Bentang, Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalar, Senin (6/11/2017).

Hal tersebut dilakukan Aliyah guna mensosialisasikan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Dalam sosialisasi yang dihadiri sebagian besar kaum perempuan tersebut, Aliyah menganjurkan untuk tidak menikah di usia muda. Perkawinan di usia terlalu muda berkaitan dengan kehamilan beresiko, sehingga turut menyumbang tingginya angka kematian ibu.

“Urusan KB bukan cuma soal kontrasepsi tapi termasuk juga bagaimana merencanakan pernikahan,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain mensosialisasikan program pusat, isteri Ikham Arief Sirajuddin yang merupakan Walikota Makassar periode 2004-2014 ini juga memanfaatkan pertemuan tersebut untuk bersilaturahmi dan menyerap aspirasi warga.

Kepala Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN Sulsel, Amirullah Hamzah, sebagai pemateri mengatakan, batasan usia yang dianjurkan untuk menikah adalah minimal 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun untuk pria.

Umur ideal yang matang secara biologis dan psikologis adalah 20-25 tahun bagi perempuan. Usia tersebut dianggap masa yang paling baik untuk berumah tangga karena sudah matang dan bisa berfikir dewasa secara rata-rata.

“Hamil di usia terlalu muda berisiko infeksi kehamilan pertama. Jadi kalau usianya di bawah dua puluh tahun, tunda dululah untuk hamil, sebaiknya gunakan alat kontrasepsi,” ujarnya.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Kepala Bidang KB Kesehatan dan kesejahteraan Kabupaten Takalar, Ni’ma Kasim; Sekretaris Camat Galesong Selatan, Heri Amin; Kepala Desa Bentang, Abdul Karim Dg Mangung; serta sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda.

Diketahui, Aliyah duduk di Komisi IX membidangi kesehatan dan tenaga kerja. Ia dikenal sebagai legislator yang aktif turun ke tengah masyarakat.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE