Gempa di Tasikmalaya, Peringatan Dini Tsunami Berakhir | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Gempa di Tasikmalaya, Peringatan Dini Tsunami Berakhir

-

CELEBESonline.com, Jakarta
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan bahwa status tsunami berakhir pada pukul 02.26 WIB.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati PhD, mengatakan bahwa status diakhiri artinya status tsunami sudah melewati batas jam. Aturan status tsunami adalah 2 jam sejak ditetapkannya status pertama.

“Status tsunami sudah berakhir. Meski demikian, kami himbau masyarakat tetap waspada dan mengikuti arahan dari petugas setempat. Juga jangan cepat mempercayai info-info dari sumber yang tidak terpercaya,” kata Dwikorita.

“Potensi tsunami tidak ada, tidak terjadi gelombang tsunami. Jikapun seandainya terjadi tsunami, tinggi gelombang adalah 0,5 meter. Kekuatan juga gempa semakin melemah setelah sempat mengalami beberapa gempa susulan,” ujarnya.

Sebelumnya, Gempa pertama berkekuatan 7,3 skala richter (SR) terjadi pada pukul 23.47 WIB di Tasikmalaya, Jawa Barat. Tidak lama berselang disusul terjadi gempa berkekuatan 6,9 skala Richter di tempat yang sama.

Lokasi gempa berada di 8,03 Lintang Selatan (LS) dan 108,04 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 105 km atau berada di 43 Kilometer (km) barat daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE