Masya Allah, Rupanya Adzan Berkumandang Setiap Detik di Bumi | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Masya Allah, Rupanya Adzan Berkumandang Setiap Detik di Bumi

ilustrasi - Ternyata adzan tak pernah berhenti berkumandang selama 24 jam setiap hari di bumi - (int)

CELEBESonline.com – Adzan adalah media luar biasa untuk mengumandangkan tauhid terhadap yang Maha Kuasa dan risalah (kenabian) Nabi Muhammad SAW. Adzan juga merupakan panggilan shalat kepada umat Islam, yang terus bergema di seluruh dunia lima kali setiap hari.

Betapa mengagumkan suara adzan itu, dan bagi umat Islam di seluruh dunia, adzan merupakan sebuah fakta yang telah mapan. Indonesia misalnya, sebagai sebuah negara terdiri dari ribuan pulau dan dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Dikutip dari akun @zonakeajaibandunia, begitu fajar fajar menyingsing di sisi timur Sulawesi, di sekitar pukul 5:30 waktu setempat, maka adzan subuh mulai dikumandangkan. Ribuan Muadzin di kawasan timur Indonesia mulai mengumandangkan tauhid kepada yang Maha Kuasa, dan risalah Muhammad SAW.

Proses itu terus berlangsung dan bergerak ke arah barat kepulauan Indonesia. Perbedaan waktu antara timur dan barat pulau-pulau di Indonesia adalah satu jam. Oleh karena itu, satu jam setelah adzan selesai di Sulawesi, maka adzan segera bergema di Jakarta, disusul pula sumatra. Dan adzan belum berakhir di Indonesia, maka ia sudah dimulai di Malaysia.

Burma adalah di baris berikutnya, dan dalam waktu beberapa jam dari Jakarta, maka adzan mencapai Dacca, ibukota Bangladesh. Dan begitu adzan berakhir di Bangladesh, maka ia ia telah dikumandangkan di barat India, dari Kalkuta ke Srinagar. Kemudian terus menuju Bombay dan seluruh kawasan India.

kemudian menyambung terus ke wilayah wilayah Hijaz al-Muqaddas (Makkah dan Madinah), Yaman, Uni Emirat Arab, Kuwait dan Irak. lalu siria, mesir, somalia, sudan. lalu daerah-daerah lainnya.

Itu bermakna, bahwa adzan selalu dikumandangkan setiap menit hingga setiap detik. Jutaan masjid di dunia selalu bersahut-sahutan setiap saat mengumandangkan. Ternyata adzan tak pernah berhenti berkumandang selama 24 jam di muka bumi ini. Masya Allah.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE