Sergei Eisenstein Jadi Google Doodle Hari Ini, Apa Perannya? | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Sergei Eisenstein Jadi Google Doodle Hari Ini, Apa Perannya?

Sergei Eisenstein - int

CELEBESonline.com, Makassar – Google Doodle hari ini, Senin (22/1/2018), diwarnai dengan sosok pria yang di antara untaian film hitam putih. Sosok pria itu adalah Sergei Eisenstein. Masing-masing frame dalam untaian film yang membentuk nama “Google” ini  tersebut memiliki sebuah animasi singkat.

Google Doodle Sergei Eisenstein

Sergei Eisenstein adalah sutradara film asal Uni Soviet dan dikenal sebagai sang Bapak Montase. Lahir di Latvia tepat 120 tahun lalu, tepatnya 22 Januari 1898, putra dari seorang insinyur sipil ini terkenal berkat karya-karyanya seperti Battlleship Potemkin, Strike, dan The General Line.

Di dunia sinema, Eisenstein dikenal sebagai pelopor teknik montase, di mana serangkaian shot berdurasi pendek disusun membentuk sebuah sekuens utuh untuk memadatkan ruang, waktu, dan informasi, sekaligus meneruskan kesan tertentu.

Ia mengikuti jejak ayahnya dan mengambil arsitektur dan teknik di Petrograh Institute of Civil Engineering. Dia kemudian bergabung dengan Red Army dan ditempatkan di Minsk. Di kota inilah, ia menemukan “hasrat” terhadap dunia seni ketika mengenal Teater Kabuki dan sampai rela belajar bahasa Jepang.

BACA JUGA :  FOTO : Wapres Terima Kunjungan Ketua KKSS dan Ketua PSBM XVIII

Tak lama, ia pun pindah ke Moskow untuk memulai karirnya sebagai seorang ahli teori. Film pertamanya adalah “Strike” yang dirilis pada 1925.

“Strike” merupakan film fitur panjang pertama Eisenstein, sementara “Battlleship Potemkin” menjadi salah satu film karyanya yang mendapatkan pujian luar biasa dari kritikus di seluruh dunia. Karya Eisenstein yang mampu sudut kamera, gerakan kerumunan, dan montase membuat dia mendapat kecaman dari komunitas film Soviet.

Sekadar informasi, montase merupakan teknik pengeditan film dengan cara merangkai potongan-potongan gambar. Teknik ini sering digunakan untuk menggambarkan berlalunya waktu atau peristiwa.

BACA JUGA :  Pelindo IV dan BNN Kerja Sama Cegah Peredaran Narkotika Melalui Transportasi Laut

Selain berkarya di dunia film, Eisenstein nyatanya juga seorang penulis. Beberapa buku tentang teknik film terkenal buatannya adalah Film Form dan The Film Sense.

Di buku-bukunya ini, ia menjelaskan pentingnya montase secara terperinci dan bagaimana cara membuatnya. Ia juga menjelaskan bagaimana montase adalah inti dari bioskop.

Pada Januari 1998, Bank of Russia mengeluarkan dua koin rubel edisi khusus untuk memperingati ulang tahun Sergei Eisenstein yang ke-100. Eisenstein menghembuskan napas terakhirnya pada 11 Februari 1948 di Moskow karena serangan jantung.

Untuk merayakan semangat Eisenstein dalam pembuatan film, Google menggunakan gulungan film, terinspirasi oleh citra dari beberapa filmnya. Google di situsnya mengatakan, “Filmnya juga revolusioner dalam arti lain, karena ia sering menggambarkan perjuangan para pekerja yang tertindas terhadap kelas penguasa.”

 

 

(Ysl/Isk)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE