Telkomsel Bawa 3 Mahasiswa Makassar Kunjungi Kantor Microsoft di San Francisco | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Telkomsel Bawa 3 Mahasiswa Makassar Kunjungi Kantor Microsoft di San Francisco

-

CELEBESonline.com, Makassar – Tiga mahasiswa adalah Makassar merasa beruntung ikut ajang IndonesiaNEXT 2017. Bagaimana tidak, 3 mahaiswa asal Makassar dari 10 pemenang menikmati kursus singkat tentang teknologi di San Francisco, Amerika Serikat, selama 10 hari.

Ketiga mahasiswa ini adalah Azmil Ihsan dari UIN Alauddin Makassar, Nur Awalia Syahri Ramadhani dari Universitas Hasanuddin, dan Rahmat Ramdhani dari Universtias Negeri Makassar. Mereka akan berangkat pada April 2018 nanti.

IndonesiaNEXT 2017 diikuti lebih dari 11.000 peserta dari seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, diseleksi dan dipilih 30 peserta yang berasal dari berbagai perguruan Tinggi di Indonesia untuk berkompetisi di tingkat nasional. Dari total 30 peserta, sebanyak 5 peserta merupakan perwakilan dari kota Makassar, Sulawesi Selatan .

Pengumuman 10 pemenang dilakukan di Bandung, Kamis (18/1/2018).

Para pemenang tersebut berkesempatan mendapatkan short course di perguruan tinggi dan beberapa perusahaan teknologi ternama di San Francisco, Amerika Serikat, salah satunya ke kantor Microsoft.

Rahmat Ramdhani mengaku beruntung, karena saat seleksi di Unhas, dirinya mendapat hambatan. Ia harus menempuh perjalanan ke Unhas di bawah guyuran hujan deras.

“Akibatnya, celana saya kotor dan basah. Untungnya, saya tampil terakhir jadi masih bisa sedikit mengeringkan celana dan Alhamdulillah, nama saya lolos ke Jakarta,” kata Dani, sapaan mahasiswa Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP) UNM itu, Rabu (24/1/2018).

Dani mengaku dalam menjalani tahapan seleksi tidak pernah memikirkan akan dibawa ke San Francisco. “Saya hanya fokus menyelesaikan setiap tahapan dan berharap bisa mendapatkan sertifikasi. Menjadi pemenang ini adalah bonus,” tambahnya.

Dani yang mengangkat tentang metode pembelajaran di Pulau Langkawi, salah satu pulau terluar di Makassar, ini mengatakan bahwa ajang IndonesiaNEXT menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas mahasiswa Makassar secara global.

Lain lagi pengalaman yang disampaikan Nur Awalia Syahri Ramadhani. Mahasiwa Unhas ini mengatakan bahwa dirinya mendaftar jelang penutupan dan bersyukur karena saat sesulit presentasi ia mendapat nilai cukup fantastis yaitu 985 dari poin 1.000.

 

Begitupun diungkapkan oleh Azmil Ahsan peserta terbaik nasional dari UIN Alauddin Makassar. Dalam presentasinya, menyampaikan ide tentang aplilkasi Ibu Pintar yang dapat mengurangi angka kematian ibu hamil.

Vice President Sales and Marketing Area Pamasuka Herry Setiawan mengatakan, “Selamat kepada para pemenang yang sudah membuktikan diri menjadi yang terbaik dalam IndonesiaNEXT. Melalui IndonesiaNEXT, kami berharap anak-anak muda Indonesia ini mampu memberikan inspirasi bagi lingkungan sekitarnya, serta meningkatkan kecakapan dan kompetensi millennials ini untuk bersaing secara global.”

Para peserta terbaik nasional IndonesiaNEXT sebelumnya telah melalui beberapa seleksi, mulai dari pelatihan dan pengujian kemampuan menggunakan aplikasi presentasi dan desain bersertifikasi, kemampuan berkomunikasi di depan publik, hingga pelatihan soft dan hard skills lainnya. Babak kualifikasi yang berlangsung pada bulan Oktober hingga November 2017 di enam kota tersebut menghasilkan 30 besar peserta nasional.

Pada tahap akhir kualifikasi tingkat nasional yang berlangsung pada pertengahan bulan Januari 2018 di Jakarta, para peserta mengikuti serangkaian kegiatan bootcamp yang menguji kemampuan mempresentasikan ide secara menyeluruh di hadapan para juri, yakni Adita Irawati (VP Corporate Communications Telkomsel), Doni Andriansyah (VP Financial & Planning Analysis Telkomsel), Handry Satriago (CEO General Electric Indonesia), Kemal Effendi Gani (Group Chief Editor Majalah SWA), Erwien Parengkuan (Fouder TALKinc), dan Rika Indra Oktaviani (VP of Marketing Go-Jek).

Selain sepuluh peserta terbaik nasional yang akan berkunjung ke San Francisco, 20 peserta lainnya juga mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan mengenai dunia profesional di beberapa perusahaan di Singapura.

 

IndonesiaNEXT yang merupakan program unggulan CSR Telkomsel berupa sertifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan mempersiapkan keahlian mahasiswa dalam menghadapi persaingan global yang lebih kompetitif.

Mengambil tema “Get Ready to Be The Next”, program ini dihadirkan untuk dapat menjawab kebutuhan persaingan di dunia profesional yang semakin kompetitif, di mana sertifikasi merupakan salah satu modal mahasiswa ketika memasuki dunia kerja. Sertifikasi ini juga dapat digunakan oleh para mahasiswa sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

IndonesiaNEXT 2017 diisi dengan rangkaian acara berupa seminar yang memberikan inspirasi bagi para mahasiswa, pelatihan kompetensi, dan ditutup dengan program ujian sertifikasi tingkat nasional dan internasional.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE