Demi Pasokan Air Bersih di Maros, Ini yang Dilakukan Wagub Sulsel | CELEBES ONLINE
banner pasang iklan
banner pasang iklan

Demi Pasokan Air Bersih di Maros, Ini yang Dilakukan Wagub Sulsel

-

CELEBESonline.com, Makassar – Masyarakat Desa Bori Masunggu, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros berterimakasih kepada Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Agus Arifin Nu’mang (AAN), yang selama ini memperhatikan sumber air dari sistem pengelolaan yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Sehingga dalam kurun waktu kurang lebih 10 tahun terakhir warga dapat menikmatinya. Hal tersebut dibeberkan salah seorang tokoh masyarakat Puang Leppakkomai, Selasa, 30 Januari 2017 dikediaman pribadinya.

AAN secara jelas mengatakan, pemerintah juga perlu menyediakan anggaran untuk membangun jaringan sehingga air bersih dapat mengalir ke wilayah pelosok bahkan menyasar sektor pedesaan.

Ia menjelaskan, progres pembangunan jangka panjang terus disasar agar pemerataan sumber air sendirinya dapat merata. Meski sampai saat ini baru 50 persen, rata – rata ekspansi di Sulsel sendirinya hampir berjalan dengan baik.

“Kita baru memiliki satu sip yang dapat memiliki daya jangkau yang baik. Dan dapat melakukan pengeboran dengan kedalaman 1.200 meter dan dapat menghasilkan air bersih yang berkualitas. Setelah itu, kedepannya akan dilanjutkan dengan pemasangan instalasi sehingga dapat menghasilkan sumber air yang merata hingga ke pelosok desa,” kata AAN.

Selain itu untuk peningkatan pelayanan di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Maros sendirinya kata AAN juga untuk membantu pasokan air ke wilayah Maros bagian Selatan dan sekitarnya.

“Karena cakupannya sampai ke pelosok desa. Kita masih membutuhkan tiga sip air sehingga dapat meminimalisir kekurangan stok air bersih ketika musim kemarau panjang tiba,” jelasnya.

Mantan ketua DPRD Provinsi Sulsel tersebut juga mengharapkan, agar pembangunan satu instalasi pengolahan air sudah harus rampung. Termasuk dengan pemasangan jaringan pipa yang masuk ke rumah warga. Untuk itu pemasangan infrastruktur juga dapat terpenuhi.

Sementara, Puang Leppakkomai salah seorang tokoh masyarakat setempat menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Warga setempat sudah menjalin kerja sama dengan pemerintah kabupaten Maros.

“Kami sudah menjalin kerjasama dengan pemerintah setempat untuk menunjang kebutuhan air bersih yang ada. Sehingga biasanya masyarakat yang mengalami kesulitan ketersediaan air bersih akan sangat terbantu dengan adanya aliran air,” paparnya.(*)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CELEBES ONLINE